Manusia Bersifat Air

Author :

Diperkirakan lebih dari 60% tubuh manusia terdiri atas air. Air sebagai komponen terbesar penyusun tubuh manusia maknanya yaitu manusia pada dasarnya memiliki sifat air. Atau bisa juga sebuah pesan agar manusia meniru sifat air. Ada 3 sifat air yang bisa ditiru . Apa saja? Mari kita bahas satu persatu.

Sifat pertama dari air yaitu selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Maknanya sifat dasar manusia yaitu rendah hati. Pesannya agar manusia bersikap rendah hati. Jika ada manusia yang tinggi hati atau sombong maka itu bukan sifat dasar manusia. Itu adalah sifat dasar Iblis yang diciptakan dari api yang selalu bergerak ke atas.

Menurut ajaran agama, ada dua ciri manusia sombong yaitu merendahkan orang lain dan menolak kebenaran. Manusia merendahkan orang lain karena merasa memiliki kelebihan dari orang lain. Kelebihan itu bisa berupa kekayaan, ilmu, kekuasaan, keturunan dan pergaulan. 

Manusia menolak kebenaran karena merasa lebih pintar. Bisa juga menutup hati dari kebenaran karena yang menyampaikan lebih rendah kedudukannya. Padahal seharusnya lihat apa yang disampaikan, bukan siapa yang menyampaikan. 

Agar tidak merendahkan orang lain maka harus dipahami bahwa segala yang dimiliki hanya titipan dari Allah. Hanya sementara, hakikatnya bukan hak milik tapi hak pakai. Jika Dia berkehendak akan diambil kapan saja. Kelebihan yang Allah berikan bukan untuk dipamerkan dan disombongkan. Tapi untuk dimanfaatkan bagi diri sendiri dan orang lain. 

Sifat kedua dari air yaitu membersihkan. Maknanya manusia hendaknya cinta kebersihan atau suka membersihkan diri lahir dan batin. Secara lahir menjaga kebersihan dengan mandi setiap hari. Juga jika ada kotoran di badan segera dibersihkan. 

Selain itu manusia hendaknya membersihkan unsur non fisik yaitu pikiran dan hati. Bersihkan pikiran dengan menjauhkan diri dari pikiran negatif dan buruk sangka kepada orang lain. Juga jauhkan diri dari informasi yang tidak benar, hoax, agitatif, provokatif, penuh kebohongan dan kebencian tanpa dasar yang jelas. Jauhkan diri dari bacaan yang dapat membuat pikiran galau, resah dan gelisah tak menentu. 


Membersihkan hati yaitu dengan cara menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Dosa dari pikiran, panca indera, kaki dan tangan. Dosa karena penyalahgunaan kekuasaan dan kesewenang-wenangan. Merugikan orang lain dan merusak alam untuk meraih keuntungan.  

Sifat ketiga dari air yaitu menyejukkan. Jika merasa gerah karena kepanasan maka mandi akan menyejukkan. Maknanya manusia hendaknya membawa kesejukan dan kedamaian bagi orang lain. Kehadirannya dirindukan. Perilakunya penuh manfaat dan keberkahan. Pemikirannya mencerahkan. Nasehatnya membuat hati tenang. 

Jangan menjadi manusia perusak dan penebar permusuhan. Perilakunya merugikan orang lain dan merusak alam. Pemikirannya meresahkan. Nasehatnya membuat galau, resah dan gelisah. 

Mari meniru sifat air dalam menjalani kehidupan. Semoga dengan kerendahan hati, senantiasa membersihkan diri lahir batin dan menyejukkan dengan menebar kedamaian dan kebenaran maka kehidupan menjadi tenteram lahir dan batin.

Makassar, 7 Juni 2024

Previous PostAgar Generasi Z tidak Mencemaskan
Next PostHikmah Idul Qurban
ARSIP MESSAGE OF THE DIRECTOR