Kurikulum

Sekolah Islam Athirah sebagai lembaga pendidikan terus melakukan pengembangan kurikulum sebagai sebuah sistem secara berkelanjutan. Pengembangan dimaksud berupa transformasi dengan memandukan antara Kurikulum Al-Quran, Kurikulum Nasional, dan Kurikulum Internasional dalam satu sitem yang menyeluruh dan padu menjadi sebuah kurikulum khas yang disebut dengan Athirah Integrated and Holistic Education System (AIHES).

Athirah Islamic School as an educational institution conducts curriculum development continuously and also transforms its curriculum by integrating the Quran, national, and international curriculum into a typical curriculum named Athirah Integrated and Holistic Education System (AIHES).

Dalam penerapannya, pendidkan dalam AIHES melibatkan lima proses, yakni:

In its implementation, the educational process in AIHES involves 5 processes, they are:

a)   Teaching and learning

b)   Coaching and learning

c)    Training and learning

d)   Advisory and learning

e)    Consultacy and learing

Kurikulum dalam AIHES pada dasarnya memadukan 3 kurikulum yaitu Kurikulum Al-Quran, Kurikulum Nasional, dan Kurikulum Internasional, namun bisa dipecah lagi menjadi 5 bagian kurikulum yakni kurikulim inti, kokurikulum, ektrakurikulum, kurikulum nasional, dan internasional kurikulum.

AIHES fuses 3 basic curriculum, but it I also could be categorazied into 5 smaller parts as below.

a.      Core curriculum: QGDP (Quranic Generation Development Program): Kurikulum inti dalam AIHES adalah QGDP (Quranic Generation Dev. Programm)/Al Quran dan Sunnah. Kedua hal ini menjadi ruh penting yang menjadi acuan dalam menjalankan proses pendidikan di sekolah. Adapun bagian dari QGDP adalah: 1. Reciting Quran, 2. Understnding Quran, 3. Implementing Quran, 4. Immersion Of The Quran, 5. QGDP. Yang masing-masing akan terpecah lagi ke dalam beberapa bagian yang lebih kecil.

b.      Co-curriculum: Merupakan bagian dari kurikulum yang harus dikembangkan setiap unit Sekolah Islam Athirah. Kegiatan kokurikulum yang dilaksanakan merupakan kegiatan yang ditujukan sebagai upaya pengembangan bakat individu setiap siswa.

c.       Extracurriculum: Ektrakurikulum dikembangkan sebagai aktivitas tambahan bagi siswa berupa kegiatan yang terkait dengan kehidupan sosial mereka.

d.      National Curriculum: Kurikulum nasional yang diterapkan adalah kurikulum 2013.

e.       International Curriculum: Sekolah Islam Athirah juga mengembangkan diri dengan penerapan kurikulum/program internasional. Sekolah perlu untuk memfasilitasi siswa untuk mengambil program internasional.


Kurikulum AIHES juga sangat akomodatif terhadap kebutuhan belajar peserta didik berkebutihan khusus (PDBK). Oleh karena itu di Sekolah Islam Athirah tedapat pusat layanan inklusi yakni Seksi Inklusi. Sie Inklusi bertugas mulai dari penerimaan, asesmen hingga penyediaan guru pendamping PDBK serta memasttikan layanan berjalan op[tima kepada masing-masing PDBK.