Kegiatan

on 16 Juli 2019
  • Message of the Director

Hari senin 15 Juli 2019 adalah hari pertama masuk sekolah bagi siswa siswi di Sulsel. Setelah libur panjang maka mulailah siswa lama dan baru kembali masuk sekolah.

Orang tua siswa baru akhirnya lega telah menemukan sekolah pilihan untuk anaknya. 

Hari pertama adalah hari yang istimewa bagi para siswa baru. Bertemu guru, teman dan lingkungan yang baru. Warna seragam pun juga baru khususnya di sekolah negeri. Segala hal yang baru biasanya diiringi rasa deg-degan. Ada penasaran dan khawatir. Campur aduk menjadi satu rasa yang membahagiakan.

Hari pertama yang berkesan akan menjadi pengalaman positif bagi siswa untuk terus semangat dalam belajar. Masa Orientasi dan Pengenalan Lingkungan Sekolah menjadi sangat penting memberikan kesan positif pada siswa baru. Orientasi kehidupan tentang tujuan manusia di dunia ini sangat penting diajarkan.

Manusia sebagai makhluk Allah yang sempurna dan unggul dari hewan dan tumbuhan diciptakan untuk beribadah dan diberi peran sebagai khalifah di dunia untuk meraih bahagia sejati dunia dan akhirat. Agar dapat meraih itu maka kuncinya adalah ilmu. Caranya dengan belajar sungguh-sungguh.

Selanjutnya manusia juga makhluk sosial yang menjalankan tugas dan perannya secara bersama. Perlu kolaborasi dengan seluruh pihak. Siswa belajar ada guru yang mengajar. Sekolah sebagai organisasi pembelajar ada kepala sekolah yang memimpin dan mengelola. 

Orang tua sebagai penerima amanah anak dari Allah juga bertekad mendidik anaknya dengan baik melalui kerja sama sinergis dengan guru dan kepala sekolah. Terbangun saling pengertian, percaya dan membantu. Pendidikan harus holistik di sekolah, rumah dan masyarakat.

Pendidikan juga integratif pada semua aspek manusia lahir dan batin. Mendidik intelektual, emosional, sosial, fisikal dan spiritual. Terpadu iman, ilmu dan amal sehingga terwujud manusia yang siap menghadapi tantangan zaman dengan nilai-nilai agama, modernitas dan kearifan lokal.

Pendidikan juga futuristik menyiapkan anak didik memiliki AKAR (akademik, karakter, agama dan relasi) yang kuat, baik dan luas. Juga dapat mengembangkan minat, bakat dan passionnya sehingga menjalani sekolah dengan enjoy, easy dan excellent.

Agar semua itu terwujud maka orang tua, guru, dan kepala sekolah harus menyadari bahwa mendidik itu tugas mulia. Untuk itu harus diawali dengan niat ibadah. Segala pengorbanan harta, tenaga dan waktu tidak akan sia-sia karena ia adalah inveatasi dunia dan akhirat. Allah Maha Adil yang akan membalas dan memberi ganjaran. 

Bagi siswa juga harus sejalan. Niatkan untuk ibadah sehingga datang ke sekolah ada semangat mencari ilmu dan pahala. Allah berjanji akan memudahkan jalan menuju surga bagi mereka yang bersungguh-sungguh belajar. Selamat bersekolah. Tetap ceria dan bahagia.