Kegiatan

on 19 September 2022
  • Message of the Director

Hari Senin 19 September 2022 Kalla Institute mengadakan acara Penyambutan Mahasiswa Baru Angkatan 2022. Acara dihadiri oleh Kepala LLDikti Wilayah IX Bapak Drs. Andi Lukman, M.Si dan Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla Ibu Fatimah Kalla.

 

Juga hadir tamu undangan dari Unhas, Nitro, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata Sulsel. Tentu saja juga dihadiri oleh para mahasiswa baru beserta orang tua, dosen, tendik,  mahasiswa Angkatan 2019-2021 dan Rektor serta Wakil Rektor Kalla Institute.

Acara PMB tidak hanya seremonial tapi juga sangat menentukan kesuksesan mahasiswa baru. Prinsipnya niat baik belum cukup, perlu juga informasi tentang segala hal yang akan dilalui selama kuliah.  Itulah masa orientasi dan pengenalan lingkungan kampus.

Harapannya saat menjalani aktivitas kuliah mereka dapat beradaptasi dengan cepat dan mudah. Perubahan suasana dari SMA ke Perguruan Tinggi butuh penyesuaian diri yang tepat dan cepat. Sukses beradaptasi maka akan sukses menjalani proses perkuliahan.

Agar dapat sukses di bangku kuliah, mahasiswa harus memiliki 4 hal yang disingkat dalam kata AKSI yatu arah dan tujuan, kerja sama, strategi dan ikhlas niat ibadah. Arah dan tujuan terkait apa cita-cita karir di masa depannya. Lalu apa yang ingin diperoleh dengan kuliah di Perguruan Tinggi agar dapat sukses menggapai cita-cita. Pastikan ada kesesuaian antara cita-cita dan kompetensi yang akan dipelajari. 

Selanjutnya yaitu kerja sama atau kolaborasi. Perguruan Tinggi terdiri atas berbagai komponen yang saling bekerja sama. Ada pimpinan kampus, pembimbing akademik, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan orang tua. Semuanya harus saling bekerja sama berperan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. 

Kunci ketiga yaitu strategi belajar. Ada perbedaan antara dunia SMA dan Perguruan Tinggi. Mahasiswa dituntut lebih mandiri dan bertanggung jawab.  Kurikulum di Perguruan Tinggi juga sudah kompleks dan mendalam sehingga butuh  kemampuan cara belajar atau learning skills yang berbeda dengan saat SMA. 

Untuk itu mahasiswa harus menguasai teknik menerima dan mengolah informasi. Juga teknik penyampaian informasi. Menerima dan mengolah informasi akan efektif jika mahasiswa mengenal cara belajar, menyimak dan membuat catatan kuliah, meningkatkan daya ingat, kiat membaca efektif dan cara meningkatkan kreativitas. Teknik penyampaian informasi meliputi teknik menulis, seni presentasi dan strategi menghadapi ujian.

Strategi juga terkait dengan manajemen diri meliputi bagaimana menumbuhkan motivasi, manajemen waktu, membangun konsep diri dan karakter pemenang (winning characters). Juga mengelola finansial, menjaga kesehatan dan mengelola stress. Juga mengelola pergaulan dengan mencari teman yang dapat saling membantu dan memotivasi. 

Jika seluruh faktor di atas didasari oleh ikhlas niat ibadah maka insya Allah sukses kuliah dapat diraih. Ikhlas menumbuhkan motivasi spiritual sehingga selalu memohon pertolongan Allah melalui ibadah, berdoa dan restu orang tua. Selamat menempuh perkuliahan. Menyiapkan diri menjadi generasi unggul yang siap berkontribusi bagi keluarga, masyarakat,  bangsa dan negara.