Berita

on -
  • Message of the Director

Guru PKn SMA Islam Athirah Bukit Baruga

Kedisplinan adalah kepatuhan kepada peraturan tata tertib yang dibuat oleh suatu lembaga. Kedisplinan merupakan salah satu kunci untuk mencapai keberhasilan. Kedisiplinan sangat penting untuk membangun kualitas Sumber daya manusia yang baik.

Definisi peserta didik adalah anggota masyarakat  yang berusaha meningkatkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan formal maupun nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu. Salah satu pembelajaran penting yang diajarkan ke peserta didik adalah menanamkan kedisplinan diri. 

Tulisan ini adalah salah satu tawaran yang ditujukan pada sekolah untuk meningkatkan kedisplinan peserta didik dengan sanksi gelang. Kok gelang ? Yah, gelang adalah penanda untuk peserta didik yang menggambarkan kedisiplinan siswa tersebut. Gelang tersebut dibagi kedalam tiga warna, warna hijau, kuning dan merah.

Gelang Warna Hijau adalah gelang untuk peserta didik yang memiliki kedisiplinan yang sangat baik pada aturan sekolah. Peserta didik yang menggunakan gelang hijau di area sekolah akan menjadi contoh untuk peserta didik pengguna gelang kuning dan merah. Sehingga peserta didik yang menggunakan gelang kuning dan merah akan termotivasi untuk mengikuti jejak peserta didik yang menggunakan gelang hijau.

Gelang kuning adalah gelang untuk peserta didik yang memiliki kedisiplinan yang masih kurang baik dalam mengikuti aturan sekolah. Sehingga peserta didik  yang menggunakan gelang kuning ini akan mendapatkan pengajaran kedisiplinan dari peserta didik pengguna gelang hijau. Sehingga ia dapat mengubah dirinya untuk  meningkatkan kedisiplinannya. 

Gelang merah adalah gelang untuk peserta didik yang memiliki kedisiplinan yang sangat kurang baik. Peserta didik pengguna gelang merah akan selalumenjadi perhatian untuk peserta didik pengguna gelang kuning dan hijau. Sehingga ia termotivasi untuk meningkatkan kedisiplinannya.

Dengan adanya penanda ini diharapkan dapat melakukan perubahan signifikan terhadap kedisiplinan diri peserta didik. Pemberian gelang tersebut dapat dilakukan oleh tim satuan tugas, yang dibentuk oleh masing-masing sekolah dalam menilai peserta didiknya. 

Demikian tulisan singkat ini semoga bermanfaat.... terima kasih...