Kegiatan

on 26 Oktober 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Penulis : Nur Fatimah Azzahra Putri Hasbi (Siswa Kelas IX.4 SMP Islam Athirah 1 Makassar)


Semua orang pasti pernah berfikir, apakah saya sudah menjadi versi terbaik? Bagaimana caranya agar saya dapat meningkatkan diri? Apa kekurangan saya yang dapat saya tingkatkan? Dan lain sebagainya. Selalu ada sesuatu tentang diri kita yang bisa kita tingkatkan. Potensi berkembangnya manusia tidak terbatas, jadi sudah pasti tidak mungkin mencapai titik tanpa pertumbuhan.


Kapanpun kita berpikir kita baik, kita bisa menjadi lebih baik. Saya selalu mencari cara agar dapat mendukung pertumbuhan diri sendiri untuk menjadi orang yang lebih bersemangat, aktif, dan lebih bahagia. Meningkatkan hidup kita tidak harus tentang membuat suatu gerakan besar. Rupanya ini adalah sesuatu yang dapat terus kita kerjakan dan biasanya hal itu terjadi pada hal kecil yang bisa kita lakukan setiap hari.


Saya paham bahwa tidak ada seorang pun di dunia ini yang memiliki seluruh waktu di dunia untuk memikirkan peningkatan diri dan pengembangan pribadi ketika ada pekerjaan, tugas, keluarga, dan berbagai kegiatan lainnya. Oleh karena itu, mari kita mulai dengan hanya 15-30 menit seminggu. Yup, itu saja! Kalian tidak salah dengar kok.


Yang saya minta adalah kita mencoba satu (atau dua, atau tiga, atau semua) kegiatan ini dan melihat apakah kegiatan tersebut membantu kalian untuk menjadi diri kalian yang lebih baik, apakah dapat meningkatkan kepercayaan diri kita, mengurangi stress, dan lain sebagainya. Dari beberapa sumber yang telah saya pelajari, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan diri sendiri, berikut 3 di antaranya :


1. Kembangkan rutinitas pagi dan malam yang konsisten.

Alasan dari ini adalah agar kita tidak membuang waktu untuk memutuskan sesuatu, menghabiskan 10 menit untuk memilih pakaian, menghabiskan 15 menit untuk memutuskan apakah kita ingin berlari, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, kita membatasi diri kita pada meningkatkan menit kecil sehingga kita akan selalu ke luar rumah tepat waktu.

2. Temukan aktivitas di tengah hari yang menyegarkan.

Sama pentingnya dengan mengatur jadwal pagi dan malam, kita juga memiliki aktivitas yang dijamin akan membawa kita ke luar dari kemerosotan tengah hari yang terburuk. 


3. Lakukan beberapa tugas produktif kecil.

Sisihkan waktu 30 menit dan lakukan semua tugas kecil atau ringan yang ingin kita lakukan sekaligus. Manfaatnya antara lain mencegah kita melakukan banyak tugas di kemudian hari dan “memaksa” kita untuk mengatasi hal-hal yang membuat kita lega ketika selesai dikerjakan.


Apakah kalian sudah merasa lebih bebas sekarang? Yuk coba tips simpel ini dan lihat apakah ini dapat mengembangkan kebiasaan baru, tujuannya adalah agar kita dapat hidup lebih sehat dan lebih bahagia.


Editor : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)