MOTIVASI BAGI PARA REMAJA

Author :


Kebanyakan manusia lalai dalam memanfaatkan waktu yang Allah berikan kepada kita, Hasan Al Basri Beliau mengatakan “Wahai manusia sesungguhnya kalian hanya bagaikan hari tatkala satu hari Hilang maka akan hilang pula sebagian dari dirimu”.

Ibnul Qayyim Rahimahulla "Jika waktu hanya dihabiskan untuk hal-hal yang membuat lalai, misalnya sekedar menghamburkan syahwat atau hawa nafsu, berangan-angan yang batil, kemudian banyak tidur, banyak melakukan perbuatan-perbuatan maksiat.

Kata Ibnu Qayyim “maka sesungguhnya kematian lebih layak darinya. Mengapa ibnul qayyim mengatakan demikian karena menyia-nyiakan waktu itu lebih parah dari kematian. Kenapa ? karena menyia-nyiakan waktu berarti memutuskanmu dari mengingat Allah dan negeri akhirat sedangkan kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan penghuninya.

Jadi untuk anak-anak muda, termasuk diri saya sendiri apa yang kau pikirkan saat ini dalam menjalani masa mudamu, hidup hanya untuk bergaul, hanya untuk mencari kesenangan atau mencari pacar atau Hidup hanya untuk memuaskan diri atau memamerkan kekayaan. Engkau mengira atau Apakah engkau berpikir Apakah engkau yakin bahwa hidupmu panjang engkau berumur Panjang!

Nasehat dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Kedua kaki seorang anak hamba tidaklah beranjak pada hari kiamat hingga ditanya mengenai umurnya Di manakah ia habiskan, ilmu yang engkau punya Di mana engkau amalkan, harta Bagaimana engkau  peroleh dan Bagaimana engkau menginfakkan dan mengenai tubuhnya Di manakah usangnya. Kemudian kita lihat lagi Bagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga menyampaikan dari ibnu abbas Radiallahu anhu manfaatkan 5 perkara sebelum 5 perkara, waktu mudamu sebelum waktu tuamu waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu waktu kayamu sebelum waktu fakirmu waktu luangmu sebelum waktu sibukmu dan waktu hidupmu sebelum matimu,

Jadi manfaatkan masa muda kita untuk kebaikan, ingat bahwa kita diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala memiliki tujuan dalam surat Ad Dzariat ayat 56 “dan aku tidak menceptakan jin dan manusia melainkan supaya beribadah kepadaku.”

Beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala bukan Di waktu senja atau tua, kalau kita lihatdi masjid atau mushallah diisi dengan kakek-kakek atau nenek-nenek bukan begitu, beribadah kepada Allah di sepanjang usia kita,

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengatakan, ada 7 golongan manusia akan mendapat perlindungan di padang mahsyar salah satunya adalah anak-anak muda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. begitu luar biasanya Islam mengapresiasi anak-anak muda

Previous PostKETIKA PEKERJAAN MENJADI BEBAN
Next PostPentingnya Pendidikan Karakter
ARSIP INSIGHT READING