Berita

on 06 April 2021
  • Berita
  • SD Kajaolalido

Senin (05/04/2021), SD Islam Athirah 1 Makassar mulai melaksanakan Penilaian Akhir Semester untuk peserta didik kelas 6. Penilaian Akhir Semester ini direncanakan akan berlangsung selama lima hari, dimulai hari Senin (05/04/2021) dan berakhir hari Jumat (09/04/2021). Semua mata pelajaran tetap diujiankan dalam Penilaian Akhir Semester ini. Prosesnya dilaksanakan secara online melalui aplikasi Google Meet dan diawasi oleh wali kelas masing-masing. Ada lima kelas yang mengikuti Penilaian Akhir Semester ini dengan jumlah peserta didik sebanyak 139 orang, 73 laki-laki dan 66 perempuan. 

Ahriani, S.Pd., selaku wali kelas 6 Al Ghafur mengungkapkan bahwa proses Penilaian Akhir Semester berjalan lancar meskipun beberapa anak terkendala oleh jaringan. “Dari segi materi dan sistem menjawab soal, Alhamdulillah anak-anak sudah sangat mahir dalam penggunaan Google Form. Karena mereka sudah paham betul seperti apa dan bagaiman hasil dari Google form, jadinya mereka agak berhati-hati dan tidak terburu-buru mengirimkan jawabannya,” tambahnya.

Saat dimintai keterangan, Keeva Elmira Kuswandi, salah seorang peserta didik kelas 6 Al Ghaniy mengatakan bahwa selama dua hari ini ujiannya berjalan lancar dan tidak ada kendala. Ananda Keeva juga mengungkapkan bahwa sebelum menghadapi ujian, ananda sudah belajar dan mengulang-ulang materi serta mengerjakan latihan soal yang sudah diberikan.

Arfyuni Firman, S.Pd., M.Pd., selaku wakasek bagian kurikulum mengungkapkan harapannya agar siswa bisa memaknai proses ujian, bukan hanya mengejar nilai. Dalam proses ujian ini mereka bisa belajar banyak karakter, yaitu jujur dalam mengerjakan ujian, disiplin terhadap waktu ujian, berusaha dan berdoa untuk mencapai apa yang mereka inginkan. 

Hal senada juga disampaikan oleh Khasan,S.Pd., selaku Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar saat dimintai keterangan, “Ujian bukanlah tentang meraih dan tidak diraihnya nilai yang bagus, tapi ujian adalah sebuah proses. Anak-anak perlu mengetahui bahwa di dalam kehidupan nyata mereka harus menghadapi berbagai tantangan dan yang paling penting adalah proses mereka dalam menyiapkan ujian itu. Hasil baik Alhamdulillah, tidak baik prosesnya kita ulang supaya lebih baik lagi.” 

Penulis    : Dewi Purnama Sutji (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)