Kegiatan

on 08 April 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Ramadhan 1442 H telah datang menghampiri kita dan sebagai umat muslim yang taat sepatutnya kita bersyukur kepada Allah SWT masih diberikan kesempatan untuk bertemu dan berkumpul dengan Ramadhan tahun ini.

Sebagaimana tradisi baik yang sudah bertahun tahun dilaksanakan dan dilestarikan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, SD Islam Athirah 1 Makassar menyelenggarakan kegiatan Tarhib Ramadhan sebagai bentuk kegembiraan menyambut bulan suci ramadhan. Tarhib Ramadhan tahun ini diselenggarakan pada hari Kamis, 8 April 2021 melaui zoom meeting. Acara tarhib ini dihadiri 407 partisipan yang terdiri oleh jajaran pimpinan, guru-guru, karyawan serta siswa siswi SD Islam Athirah 1 Makassar. 

Acara tarhib ini diisi tausiyah oleh Ustad Dr. Muhammad Agus, S.Th.I, Kepala Madrasah I’dadiyah Pondok Pesantren DDI Mangkoso. Dalam tausiyahnya, ia menyampaikan bahwa ramadhan sebentar lagi dan hati kita semakin menanti. Kita perlu bergembira dan berbahagia atas kedatangan bulan yang mulia ini karena bulan ini khusus untuk umat Nabi Muhammad dan sebagai ummatnya kita mesti bergembira.

“Ramadhan ibarat tamu yang agung dan mulia. Menyambut tamu yang agung mestinya kita menyiapkan diri dengan berbagai persiapan. Ibaratanya ketika kita kedatangan tamu spesial di rumah pastinya kita menyiapkan makanan, minuma dan pelayanan terbaik untuk tamu kita, dan begitu pula dengan ramadhan,”tegasnya saat memberikan tausiyah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan, S.Pd. dalam sambutannya agar para siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar bisa seeprti ulat yang bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. Semoga di bulan ramadhan ini anak-anakku mampu melatih diri berpuasa, menahan nafsu baik makan dan minum dan mendapatkan kesempatan melatih ihsan. 

Ustadz Agus juga mengingatkan anak-anak dengan ungkapan “Saya tidak terpesona dengan hasil pencapaian seseorang tetapi saya tergugah dengan proses yang ia lalui untuk sampai kepada pencapaiannya”. Dari ungkapan tersebut, Ustad mengatakan jika orang bisa menjadi hebat maka jangan hebatnya yang menjadi perhatian tetapi prosesnya. Proses supaya anak-anak kuat menjalani puasanya. Ala bisa karena biasa. 

Dalam ceramahnya ia juga menyampaikan sabda Rasulullah. "Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan sunnah pada bulan ramadhan. Dan barangsiapa yang melakukan amalan satu amalan fardhu di bulan Ramadhan maka (pahalanya) seperti orang yang melakukan 70 amalan fardhu pada bulan lain." 

Ustad Agus juga menambahkan doa yang dibaca berulang-ulang sebelum datangnya bulan ramadhan. Allahumma barik lana fi sya'ban wa ballighna Ramadhana. “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan”

Di akhir tausiyahnya ia mengingtkan para siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar untuk bergembira menyambut ramadhan dan melakukan ibadah wajib maupun sunnah. “Dalam bulan ramadhan nanti, jaga kesehatan yah, semangat perbanyak ibadah, mengaji, sholat sunnah dan jangan lupa bersedekah,”ungkap Ustad Agus saat mengakhiri tausiyahnya.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)