Berita

on 16 Juli 2021
  • Berita
  • SMA Kajaolalido

Jum'at (16/07/2021), SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan "Kick Off Asesmen Diagnostik" yang diperuntukkan bagi siswa kelas X. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 Wita. ini digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Sebanyak 98 partisipan yang bergabung dalam kegiatan ini.

Wakasek Kurikulum SMA Islam Athirah 1 Makassar B.J. Gunawan, S.Pd., M.Pd. mengawali dengan penjelasan tentang tujuan asesmen diagnostik.

"Asesmen diagnostik ini bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi awal siswa. Asesmen artinya adalah penilaian, jadi bagaimana bapak/ibu guru yang mengajar akan menilai kalian atau mengamati, memperhatikan dengan detail bagaimana kemampuan dasar kalian dan mengetahui kondisi awal kalian," ujar Wakasek Kurikulum yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Herr Gun.

Herr Gun juga menambahkan penjelasan tentang tujuan asesmen diagnostik non-kognitif dan asesmen diagnostik kognitif.

Asesmen diagnostik non-kognitif bertujuan: (1) Mengetahui kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa, (2) Mengetahui aktivitas selama belajar di rumah, (3) Mengetahui kondisi keluarga siswa, (4) Mengetahui latar belakang pergaulan siswa, dan (5) Mengetahui gaya belajar, karakteristik serta minat siswa.

Sedangkan asesmen diagnostik kognitif bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi capaian kompetensi siswa, (2) Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan kompetensi rata-rata siswa, dan (3) Memberikan kelas remedial atau pelajaran tambahan kepada siswa yang kompetensinya di bawah rata-rata.

Selain itu diberikan pula beberapa contoh kegiatan pelaksanaan dari asesmen diagnostik non-kognitif  maupun kognitif.

Asesmen diagnostik kognitif dapat dilaksanakan secara rutin yang disebut asesmen diagnostik kognitif berkala, pada awal pembelajaran, akhir setelah guru menjelaskan dan membahas topik, dan waktu lain. Asesmen ini dapat berupa Asesmen Formatif maupun Asesmen Sumatif.

Terdapat 12 bagian dalam asesmen ini dan untuk setiap bagian kurang lebih 10 nomor soal. Untuk waktu pengerjaan soalnya, para siswa diberikan kelonggaran waktu untuk mengerjakan keseluruhan soal asesmen tersebut mulai pukul 09.00 hingga 22.00 Wita. 


Penulis: Yusminiwati (Tim Humas SMA Islam Athirah 1 Makassar