Kegiatan

on 16 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SMA Kajaolalido

Setelah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu Sekolah Penggerak, SMA Islam Athirah 1 Makassar mulai menggunakan Kurikulum Sekolah Penggerak tersebut pada Tahun Pelajaran 2021/2022 untuk tingkat kelas X. Untuk wilayah Sulawesi Selatan, SMA Islam Athirah termasuk salah satu SMA dari 16 SMA yang lolos sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak.

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. memberikan penjelasannya pada para peserta didik baru di sela-sela kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin (12/07/2021).

“SMA Islam Athirah 1 Makassar untuk kelas X menggunakan Kurikulum Sekolah Penggerak. Sekolah penggerak adalah ketika siswa pro aktif mengikuti diskusi di kelas dan di luar kelas. Sekolah penggerak adalah di mana siswa mampu melakukan kerja-kerja mandiri yang kreatif. Sekolah penggerak adalah di mana siswa mampu melakukan kerja tim atau kerja kelompok secara inovatif. Sekolah Penggerak di mana siswa bisa saling memberi masukan atau menerima masukan dengan baik dari temannya kemudian dari bapak/ibu guru. Sekolah penggerak adalah di mana siswa dan guru berkolaborasi bersama untuk menyukseskan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Mari kita bersua bersama untuk menyukseskan SMA Islam Athirah 1 Makassar sebagai Sekolah Penggerak,” ungkapnya.

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar juga mengatakan dalam proses penetapan Sekolah Penggerak tersebut ada beberapa tahapan seleksi yang dilalui. 

“Dari puluhan ribu sekolah di Indonesia hanya sekitar 1.800 yang lolos sekolah penggerak. Sekolah penggerak tidak ditunjuk oleh pemerintah dan juga tidak dipilih sebagai sebuah sekolah unggul atau model, tetapi sekolah penggerak adalah sekolah yang mampu melakukan kerja-kerja mandiri kemudian didampingi oleh pemerintah dan mengikuti proses tesnya kemudian lolos dan kita diberi amanah untuk menjalankan Program Sekolah Penggerak. Sekolah penggerak ini bergerak berdasar harapan kita semua mampu melakukan perubahan mampu melakukan pengimbasan kepada sekolah sekitarnya, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Pada para siswa baru SMA Islam Athirah 1 Makassar, Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar salah satunya menjelaskan tentang sistem pemilihan jurusan yang nantinya akan dilakukan di kelas XI.

“Kami mengajak anak-anakku semua peserta didik baru. Andalah yang terbaik pada tahun ini yang masuk di SMA Islam Athirah 1 Makassar. Tentunya juga dengan era baru, kurikulum baru yang terbaik pula. Untuk pemilihan jurusan nantinya akan dilakukan di kelas XI. Di kelas X semuanya mendapatkan muatan mata pelajaran yang sama, IPA terpadu, IPS terpadu. Ini yang akan dilakukan selama satu tahun. Nantinya akan terlihat di kelas XI siapa saja yang bisa masuk jurusan IPA atau IPS. Ini adalah aturan pemerintah yang terbaru dalam Kurikulum Sekolah Penggerak,” ucap Tawakkal.

 

Penulis: Yusminiwati (Tim Humas SMA Islam Athirah 1 Makassar)