Berita

on 17 Juli 2021
  • Berita
  • SD Kajaolalido

“The greatest sign of success for a teacher is to be able to say, ‘the children are now working as if I did not exist.” (Maria Montessori)

Flipped classroom adalah model pembelajaran di mana siswa sebelum belajar di kelas, baik online maupun offline, mempelajari materi lebih dahulu di rumah melalui materi ajar yang sudah dikirimkan oleh guru. Dengan demikian, aktivitas yang dilakukan pada saat pembelajaran kelas adalah penguatan pemahaman siswa melalui diskusi, kerja kelompok, eksperimen, presentasi, dan sebagainya. Materi ajar yang dipersiapkan oleh guru lebih dianjurkan berupa video karena dengan berbagai jenis kecerdasan siswa, video lebih mampu mengakomodasinya.

Alur implementasi metode Flipped Classroom: (1) Guru menentukan  materi pembelajaran, menyusun RPP,(2) Guru membuat atau memilih video untuk dikirimkan ke siswa, (3) Siswa mengunduh video, mempelajari, mencatat hal-hal penting, membuat pertanyaan, (4) Diskusi kelompok, tanya jawab, eksperimen, presentasi, guru memberi  penguatan, (5) Siswa menyelesaikan proyek di luar kelas, (6) Guru melakukan asesmen

Metode ini sangat efektif digunakan pada kondisi proses pembelajaran di masa Pandemi Covid 19 di mana akan dilakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Terlebih lagi, karena siswa melakukan persiapan dengan terlebih dahulu mempelajari materi ajar yang dikirimkan guru, maka siswa belajar menjadi ‘Self-directed Learners’ atau pembelajar mandiri. 

Manfaat dari implementasi Flipped Classroom antara lain: Siswa memiliki partisipasi aktif yang sangat tinggi, mengembangkan sikap kemandirian belajar yang positif, menumbuhkan keterampilan belajar dan pemecahan masalah, mengembangkan keterampilan berkomunikasi, menanamkan sikap tanggung jawan dan menghargai sesame, mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif.

SD Islam Athirah 1 Makassar memutuskan untuk menerapkan metode Flipped Classroom menjadi metode pembelajaran utama yang digunakan di Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga Allah senantiasa melimpahkan ridho dan bimbingan-Nya kepada seluruh guru dan siswa.

Penulis : Khasan, S.Pd. (Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar)