Kegiatan

on 16 Juli 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Peningkatan kemampuan Bahasa Inggris dan Pembelajaran Metode Ummi menjadi pembahasan awal di forum Jumat pertama tahun ajaran baru 2021/2022 SD Islam Athirah 1 Makass, Jumat (16/7/2021). Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar, Khasan S.Pd memberikan motivasi kepada guru-guru SD Islam Athirah 1 pada umumnya dan guru-guru wali kelas di English Class pada khususnya terkait pentingnya pengembangan Bahasa Inggris di unit SD mengingat SD Islam Athirah 1 Makassar telah membuka beberapa English Class sebagai usaha perwujudan visi Sekolah Islam Athirah yang tidak hanya berjiwa nasional tetapi juga berwawasan global. Hal ini pula yang mendorong dibukanya media pengembangan Bahasa Inggris yang diharapkan dapat membantu proses pembelajaran bahasa Inggris guru-guru SD Islam Athirah 1 Makassar.

Dalam pemaparannya, salah satu tenaga pengajar di English Class SD Islam Athirah 1 Makassar Dwi Azmiyana, S.S menyampaikan beberapa alasan pentingnya pembelajaran bahasa Inggris bagi generasi muda yang tidak lain adalah para peserta didik itu sendiri. Guru sebagai fasilitator yang secara tidak langsung terlibat dalam kesehariaan peserta didik di kelas tentu perlu juga mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Beliau juga menyebutkan beberapa program yang rencananya akan dilaksanakan di antaranya adalah English Community dan Native Speakers Sessions. Dengan beberapa program pengembangan ini diharapkan para peserta dapat berpartisipasi aktif sehingga tujuan peningkatan kemampuan sumber daya manusia khususnya para guru di English Class dapat tercapai. 

Selain program bahasa Inggris, SD Islam Athirah 1 Makassar juga menaruh perhatian yang sangat besar terhadap peningkatan pembelajaran Al Quran Metode Ummi. Diskusi panjang terkait upaya peningkatan kualitas metode pembelajaran Al-Quran di kelas mewarnai forum Jumat perdana SD Islam Athirah 1 Makassar. Dalam forum tersebut juga dipaparkan Metode Pengajaran Ummi secara umum yang nantinya akan diimplementasikan oleh beberapa wali kelas perwakilan di setiap level yang telah ditunjuk langsung oleh pimpinan SD Islam Athirah 1 Makassar untuk membantu proses optimalisasi pembelajaran Al Quran Metode Ummi siswa-siswi SD Islam Athirah 1 Makassar.

Kedua program pengembangan tersebut diharapkan dapat menjadi upaya terbaik dalam meningkatkan kualitas SDM di SD Islam Athirah 1 Makassar yang secara tidak langsung akan berdampak kepada kualitas peserta didik itu sendiri. Di akhir forum, wakil kepala SD Islam Athirah 1 Makassar Arfyuni Firman, S. Pd., M.Pd berharap agar kedua program tersebut dapat menjadi sumber kekuatan SD Islam Athirah 1 Makassar untuk menciptakan generasi yang islami dan juga mampu bersaing di dunia internasional.

Penulis : Dwi Azmiyana (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)