Berita

on 06 Februari 2018
  • Message of the Director

Hari sabtu tanggal 3 februari 2018.  Syekh Dr. Ahmad Muhammad Mursyi At Tuky (konsultan dan pendiri lembaga qur an di beberapa negara, berkebangsaan Mesir) berkunjung ke Athirah Boarding School Bukit Baruga, untuk bersilaturahmi serta memberikan motivasi kepada guru dan siswa. 

Ceramah motivasinya diawali dengan dua pertanyaan mendasar. Pertama,  nikmat apa yang paling mahal yang Allah berikan kepada kamu. Kedua, siapa kamu sesungguhnya. 

Tentu saja jawaban siswa dan guru bermacam-macam.  Lalu Syekh mengarahkan dan meyakinkan bahwa jawaban yang paling esensi yang dapat menunjukkan kepribadian seorang muslim adalah Al Qur an dan kamu adalah warasatul ambiyaa (pewaris para nabi).

Mengapa Al qur an merupakan nikmat paling besar? Karena Al Qur an adalah petunjuk (hudan). Dengan Al Qur’an hidupmu terarah dan dimuliakan oleh Allah swt. 

Karena itu, Al qur an harus dipelajari dengan baik ( baca dengan tartil, hafal dan usahakan mengerti maknanya) agar dapat dijadikan pedoman dalam hidup.

Seorang hanya dapat merasakan kebahagiaan dan kehormatan jika menjadikan Al qur an sebagai pedoman dalam hidupnya. "Bilal adalah hamba sahaya, tetapi karena Alquran.Ia mendapatkan kemuliaan. Masyarakat memberinya gelar sayyid (gelar kehormatan )", Tegasnya.

Kemudian, mengapa harus warasatul ambiyaa? Karena warasatul ambiyaa adalah pewaris para nabi. Dan yang  diwariskan oleh nabi adalah ilmu.

Dalam hal ini beliau memotivasi siswa dan guru agar menuntut ilmu. Dan kelak memiliki ilmu (ulama). Karena dengan ilmu kita dapat hidup bahagia dunia akhirat.  Sebagaimana sabda Rasulullah: "Siapa yang ingin bahagia di dunia harus dengan ilmu, siapa yang ingin bahagia di akhirat harus dengan ilmu, dan siapa yang ingin keduanya harus dengan ilmu". 

Kemudian perlu dipahami bahwa setelah Rasulullah wafat para ulamalah yang melanjutkan perjuangan dan dakwah Rasulullah. Karena itu Para ulama adalah pioneer dalam mencerdaskan umat dan menegakkan kebenaran. 

Hal ini sesuai dengan firman Allah bahwa sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hambaNya hanyalah ulama (QS.Fathir:28)

ALLAH memilih ulama dalam memikul amanah karena ilmunya. Dalam hal ini ulama diberi tempat yang spesial oleh Allah karena ilmunya. "Katakan apakah sama orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu (QS. Azzumar :9).

Semoga kita semua diberi hidayah oleh Allah swt. Untuk menuntut ilmu. Dan Sumber utama ilmu adalah Al qur an.

Makassar, 18 Jumadil Ula 1439/4 Februari 2018

Patris Hasanuddin