Kegiatan

on 24 Oktober 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido


Pertemuan Tatap Muka yang sudah lama dinantikan oleh para siswa sebentar lagi akan terwujud.  Setelah  satu tahun  setengah covid-19 melanda negeri kita, siswa belajar secara online yang menyisakan kerinduan akan sekolah, guru, dan teman-temannya.  Siswa SMP Islam Athirah 1 Makassar sudah seminggu berbenah diri untuk menyambut hari yang sudah lama dinantikan. 

Lewat wawancara dengan beberapa siswa melalui whatsapp, penulis meramu beberapa pendapat mereka tentang kesiapannya menyambut PTMT yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 25 Oktober 2021.

Menurut Kirana Ataillah dari kelas VII.4, Sebagai siswa baru di SMP Islam Athirah Alhamdulillah dia siap untuk memulai pembelajaran tatap muka tentunya dengan mempersiapkan diri dengan telah divaksin lengkap, perlengkapan pribadi seperti handsanitisher, masker, dan perlengkapan makan minum. Harapannya semoga  PTM bisa segera dilaksanakan sehingga mereka bisa saling bertemu dengan teman dan guru serta bisa belajar dengan maksimal.

“Alhamdulillah, saya pribadi sangat bersyukur dengan adanya rencana pembelajaran tatap muka di sekolah, kami sangat merindukan suasana belajar begitupun dengan canda tawa dengan teman-teman serta guru kami.  Harapan kami semoga covid-19 cepat hilang dari muka bumi ini. Salam sehat tetap patuhi protokoler kesehatan.”  tutur Andi Adhel  dari kelas VIII.5

Lebih lanjut M.Farid Arsyraf dari kelas VII.1 menyampaikan harapan terhadap PTM bisa mengerti lebih banyak pelajaran dibanding pada saat online, lebih banyak berakivitas, dan menambah teman. Begitupun Intan dari kelas IX.1 berharap Semoga pandemi ini cepat berlalu agar siswa dapat sekolah tatap muka, berjumpa dengan guru-guru, pembelajaran offline, melihat suasana kelas, dan berbagi rindu teman-teman di sekolah. 

“Saya sangat bersyukur karena hari Senin kami telah belajar bertatap muka kembali walau masih dibatasi 15 orang perkelas dan dibagi beberapa sesi. Tetapi saya sangat senang karena selama hampir 2 tahun yang sudah kami nanti selama belajar daring atau belajar dari rumah karena virus corona yang membuat kita menetap di rumah. Sebenarnya PTMT ini membuat cara pembelajaran kita semakin baik dan semakin gampang untuk kita pahami karena kita belajar langsungng dengan fash and fash. Harapan saya adalah PTMT ini bisa terus berjalan dengan lancar dan membuat kita bisa masuk secara normal kembali..” kata Disa Sabita dari kelas VIII.5

Lebih lanjut ada beberapa siswa yang menyampaikan pendapatnya tentang ketidaksiapannya menyambut PTMT.  Seperti Rajwa dari kelas VIII.3 yang menyatakan belum siap untuk PTMT karena yang pertama masih pandemi dan belum dapat izin dari orang tua untuk PTMT dan yang kedua jarak antara rumah dan sekolah lumayan jauh dan banyak perbaikan jalan yang kemungkinan akan macet. 

Selain Rajwa, Hurrya dari  kelas VIII.2 juga menyatakan belum siap untuk mengikuti PTMT karena belum divaksin, juga melihat kondisi di Makassar saat ini protokol kesehatan di tempat ramai belum dipatuhi oleh masyarakat. Terdapat beberapa tempat yang pengawasannya kurang ketat, masih banyak yang keluar tanpa menggunakan masker, berkerumun tanpa jaga jarak, resiko terkena virus masih tinggi. 

“Saya takut dan khawatir siswa-siswi di sekolah masih kurang bisa mematuhi dan menerapkan prokes secara benar selama berada di lingkungan sekolah. Kita juga tidak bisa menjamin saat perjalanan siswa dari rumah ke sekolah sampai kembali  ke rumah, serta sarana transportasi yang digunakan masih belum bisa dikontrol oleh pihak sekolah maupun orang tua. Untuk siap mengikuti PTMT kemungkinan setelah saya vaksin. Selain itu tidak adalagi tambahan kasus positif covid-19 yang terjadi akibat sekolah offline dilaksanakan dan status covid di Indonesia aman. “ ujar Hurrya kelas VIII.2

Andi Alya dari kelas IX.3  menyampaikan pendapatnya bahwa persiapannya untuk mengikuti PTMT adalah yang pertama melakukan vaksin covid-19 lengkap.  Kemudian menurutnya PTMT ini tidak terlalu spesial karena belajar di rumah dan di sekolah tidak terlalu jauh berbeda mengingat guru-guru di SMP Islam Athirah 1 Makassar selalu berusaha agar penyerapan ilmu tetap optimal baik itu secara online maupun ofline.

“Kalaupun ada perbedaan lebih ke arah yang baik yakni saya bisa mengikuti pelajaran dengan lebih jelas tanpa terkendala jaringan internet yang kadang-kadang down. Harapan saya nantinya agar kita semua bisa secepatnya mengikuti PTMT dengan tetap taat protokol kesehatan agar semuanya berjalan baik, sukses, lancar, dan aman.” jelasnya 

Laporan : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar