Kegiatan

on 30 September 2022
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Kegiatan menghafal Al-Qur’an merupakan sebuah proses mengingat seluruh materi ayat Al-Qur’an yang harus dihafal dan diingat secara sempurna. Sehingga seluruh proses pengingatan terhadap ayat dan bagian-bagiannya dimulai dari proses awal hingga pengingatan kembali harus tepat.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. Selama umat muslim punya keinginan untuk belajar bersungguh-sungguh, insya Allah akan diberi kemudahan untuk bisa mencapainya oleh Allah kepada hamba-Nya yang mau berusaha.

Seperti yang dilaksanakan oleh guru dan karyawan unit SMP Islam Athirah 1 Makassar, Kamis (29/9) kegiatan  menyetor hafalan Al-Qur’an. Secara bergantian menghadap ke salah satu ustadz untuk menyetorkan hafalannya masing-masing. Pengelompokan guru sesuai dengan level hafalan yang sudah dikuasai. Kegiatan ini merupakan salah satu program Sekolah Islam Athirah kepada guru dan karyawan. Agar bukan hanya guru agama atau Al-Qur’an yang memiliki hafalan Al-qur’an, namun semua guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah mampu menjadi hafidz qur’an.

Musawwir Mus,L.C sebagai wakil kepala SMP Islam Athirah 1 bagian kesiswaan menyampaikan bahwa program menghafal Al-Qur’an bagi guru dan karyawan SMP Islam Athirah 1 Makassar merupakan program yang mewadahi guru dalam menghafal dan murojaah. Di samping itu program ini juga sebagai pembiasaan guru dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an.

“Harapan dari program menghafal Al-Qur’an bagi guru dan karyawan ini, adalah bahwa tim solid SMP Islam Athirah 1 Makassar semakin nyata kecintaannya terhadap Al-Qur’an. Melalui program ini tim solid dapat menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari ,” ujarnya

Senada dengan hal tersebut, salah satu guru IPA SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nur Alam,S.Pd., menuturkan bahwa kegiatan menghafalkan Al-Qur’an yang dimulai pada juz 30 adalah suatu kegiatan yang sangat besar manfaatnya bagi mereka. Karena di usia yang tak muda lagi ini, kami dituntut untuk bisa menghafalkan lanjutan surah-surah pendek pada juz 30 walaupun itu sedikit mengalami kesulitan.

“Saya senang dengan program hafalan ini, karena guru dan karyawan SMP Islam Athirah 1 Makassar khususnya yang bukan membidangi guru agama dan Al-Qur’an akan selalu dekat dengan Al-Qur’an. Dengan menghafal surah-surah pendek yang akan selalu diulang-ulang dengan murojaah insya Allah kami bisa menyetorkan juz 30 ,selanjutnya juz 29, dan seterusnya. Umur bukan penghalang buat kaum muslimin untuk bisa menghafal Al-Qur’an. Intinya ada kemauan dan usaha untuk bisa mewujudkannya,” tuturnya

Usaha yang dilakukan oleh seorang guru dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an, bahwa setiap untaian kalimat yang indah dalam Al-Qur’an telah dijadikan Allah untuk mudah dihafal dan dipahami oleh orang yang menghafalnya. Semoga usaha guru dan karyawan SMP Islam Athirah 1 Makassar dalam menghafalkan ayat-ayat Allah berkah dan menjadi ladang pahala di akhirat kelak buat guru-guru Al-Qur’an yang mengajarkannya…aamiin


Laporan : Hasniwati Ajis (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)