Kegiatan

on 14 Januari 2022
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Akhir tahun biasanya ditandai dengan berakhirnya suatu kepengurusan dalam organisasi dan dilakukan pelantikan guna melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan sebelumnya. Hal itu pula yang terjadi baru-baru ini di SMP Islam Athirah 1 Makassar. Pada hari Senin, 20 Desember 2021 dilaksanakan Pelantikan Pengurus OSIS-MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar Periode 2021-2022. Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa apa sih pentingnya berorganisasi di usia dini seperti SD atau SMP yang sejatinya anak-anak masih diarahkan oleh guru maupun belum terlalu memahami terkait mekanisme organisasi yang seutuhnya. Nah kali ini, saya tertarik membahas pentingnya berorganisasi sejak dini. Mengapa? Tentunya karena saya juga tergolong orang yang telah berorganisasi sejak bangku sekolah hingga sekarang dan telah merasakan sendiri manfaatnya.

 

Organisasi merupakan suatu wadah yang terdiri dari dua orang atau lebih dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa organisasi yang sudah diperkenalkan sejak dini adalah Pramuka, OSIS, PMR, dan beberapa organisasi minat maupun olahraga lainnya. Beberapa orang berpendapat bahwa dengan bergabung dalam suatu organisasi akan menyita waktu dan buang-buang waktu sehingga mereka lebih fokus pada pencapaian nilai akademik di sekolah. Hal tersebut tentunya tidak sepenuhnya salah karena semua orang berhak berpendapat. Namun jika seseorang sejak dini sudah aktif dalam organisasi maka secara tidak langsung mereka telah belajar untuk beradaptasi dengan kehidupan sehari-hari yang notabene tidak mereka dapatkan ilmunya di buku cetak. 

 

Pada saat anak bergabung dalam suatu organisasi maka mereka akan belajar bagaimana memimpin dirinya dengan mengatur kebiasaannya. Bagaimana tidak, saat ikut dalam organisasi tentunya fokus seorang anak akan terbagi dengan waktu belajarnya secara formal. Hal ini tentunya akan membantu mereka untuk mampu mengatur waktu dan juga membuat skala prioritas agar keduanya dapat berjalan dengan baik tanpa harus ada yang dikorbankan. Selain itu, dengan berorganisasi anak juga akan dituntut untuk lebih kreatif karena disana mereka akan menciptakan dan menjalankan program kerja sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah mereka tetapkan sebelumnya. 

 

Kebiasaan-kebiasaan dalam berorganisasi inilah yang akan membentuk karakter anak kedepannya baik itu kepemimpinan, kreatif, mampu bekerja sama dalam tim bahkan melatih inisiatif anak. Anak yang terbiasa dalam berorganisasi kedepannya akan lebih cenderung objektif dalam menilai sesuatu dan lebih mudah menerima perbedaan yang terjadi. Mengapa demikian? Karena saat berorganisasi mereka terkadang harus menyingkirkan idealitas mereka dan menerima realitas. 

 

Di usia dini saat SD maupun SMP mungkin anak belum merasakan dampak terlalu besar dari berorganisasi selain memiliki banyak teman, kepercayaan diri yang meningkat namun hal tersebut akan menjadi bekal atau investasi mereka kelak saat dewasa nanti. Anak-anak yang terbiasa berorganisasi akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan dunia kerja dan bekerja dalam tekanan. 



Penulis : Firdayanti Firman,S.Pd.