Kegiatan

on 22 November 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Baru-baru ini siswa SD Islam Athirah 1 Makassar mengikuti jelajah nilai budaya kota Makassar. Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Makassar ini mengajak para siswa menjelajahi nilai budaya, mengedukasi, dan mengenalkan siswa situs cagar budaya dan sejarah di kota Makassar, Senin (15/11/2021).

Kegiatan jelajah nilai budaya Kota Makassar ini sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Makassar ke-414 tahun. Kegiatan ini diikuti oleh 10 SD diantaranya SD Islam Athirah 1 Makassar, SD Mangkura, SD Kakatua, SD Sambung Jawa, SD Kalukuang 1, SD Sudirman, SD Nusantara, SD Nusantara, SD Mamajang 1, SD Bawakaraeng, dan SD Frater. Setiap sekolah mengutus 6 orang siswa dan 1 orang guru pendamping. 

Nur Hijrah, S.Pd.,selaku guru sekaligus pembina OPDIS SD Islam Athirah 1 Makassar mengatakan jelajah nilai budaya kota Makassar ini adalah program yang dirancang oleh pemerintah untuk menimbulkan kecintaan terhadap budaya Makassar. “Anak-anak sangat antusias mengikuti proses pembelajaran ini. Mereka mendapatkan banyak informasi mengenai situs peninggalan sejarah yang ada di kota Makassar,” tuturnya.

Para siswa diajak mengunjungi obyek wisata budaya yaitu Museum Kota Makassar, Makam Pangeran Diponegoro, dan Benteng Rotterdam dengan dipandu oleh Cultural influencer lokal dari Kampung Seni Baruga Kaluarrang.

Selain kunjungan budaya ada juga rangkaian kegiatan yang lain yakni lomba konten budaya. Lomba konten jelajah nilai budaya kota Makassar ini anak-anak diarahkan untuk membuat konten sosial media yang positif sehingga tercipta budaya digital yang baik. Lomba konten instagram ini adalah lomba foto di instagram yang berhadiah untuk memeriahkan kegiatan jelajah nilai budaya kota Makassar tahun 2021 persembahan Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Makassar yang berlangsung tanggal 15-16 November 2021. Tema lomba yang diangkat yaitu “Aku Bangga dengan Budaya Makassar”. Syarat peserta yaitu peserta pelajar jelajah nilai budaya kota Makassar, peserta memiliki akun instagram pribadi dan wajib mengikuti instagram @disbudmakassar, dan peserta diperbolehkan mengunggah foto maksimal dua tetapi dengan konten yang berbeda.

Seluruh rangkaian kegiatan Jelajah Nilai Budaya Kota Makassar ini tetap menerapkan protokol kesehatan untuk masa pandemi bagi setiap peserta pelajar, guru pendamping, maupun panitia penyelenggara.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)