Kegiatan

on 02 Desember 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Penulis : Fitriani,S.Pd. (Guru PKn SMP Islam Athirah 1 Makassar)

Selain Al-Quran, Rasulullah SAW meninggalkan petunjuk berupa sunnah. Sunnah adalah sumber hukum islam yang utama setelah Al-Quran. Dalam agama Islam, sunnah lebih mengacu pada tindakan, sikap, ucapan, serta cara Nabi Muhammad SAW menjalani hidupnya. Dengan kata lain, sunnah merupakan garis perjuangan yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hukum Sunnah merupakan perkara yang dikerjakan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa. Sunnah juga terbagi menjadi dua, yaitu Sunnah Mu’akkad dan Sunnah Ghairu Mu’akkad. Sunnah mu’akkad menurut penjelasan Buya Yahya adalah amalan-amalan yang wajib dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW namun tidak wajib bagi umatnya. Atau bisa dikatakan amalan ini adalah amalan yang diajarkan oleh Nabi SAW dengan perintah yang tidak wajib tapi sangat dianjurkan.

Sunnah mu’akkad adalah sunnah uang dianjurkan untuk dilaksanakan seperti shalat tarawih, salat hari raya, dan lainnya. Sedangkan sunnah ghairu mu’akkad menurut Ulama Hanabilah, sesuatu yang dikerjakan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak mendapatkan siksa. Contoh sunnah ghoiru muakkad adalah salat tahiyatul masjid, salat rawatib, salat tahajud.

Ada beberapa sunnah Nabi Muhammad SAW yang terkadang diabaikan dan dianggap sepele karena dalih tidak disiksa jika ditinggalkan namun sangat bermanfaat bagi tubuh. Sunah-sunah tersebut di antaranya :

1.Makan menggunakan tangan (tanpa alat bantu sendok/garpu)

Makan menggunakan tangan jika dibandingkan dengan menggunakan sendok, memiliki banyak manfaat, antara lain : enzim di tangan membantu makanan lebih mudah dicerna, meningkatkan sirkulasi darah, membantu mempertahankan proporsi makan, membentuk koneksi dengan makanan, pencernaan lebih baik, dapat mencegah diabetes tipe-2.

2.Makan dan Minum duduk

Makan dan minum dalam posisi berdiri beresiko dapat mengganggu pencernaan. Makan dan minum dalam posisi duduk merupakan salah satu sunnah kemudian lebih santun dan menyehatkan.

3.Buang air kecil dalam posisi jongkok

Buang air kecil dalam posisi jongkok selain sunnah juga lebih bersih dan menyehatkan dikarenakan buang air kecil dalam posisi berdiri beresiko prostat dan batu ginjal.

4.Makan dan minum dalam posisi duduk di lantai

Makan dan minum dalam posisi duduk di kursi masih kurang menyehatkan. Dengan duduk di lantai, tubuh akan membagi perut menjadi 3 ruang yakni udara, makanan, dan air. Dan yang terpenting itu adalah sunnah.

5.Tidur menghadap ke kanan

Tidur menghadap ke kanan itu lebih menyehatkan dibandingkan telentang atau tengkurap. Tidur tengkurap tidak bagus untuk kesehatan, bahkan dikatakan bahwa posisi ini merupakan posisi tidur dari syaitan.

Banyak rahasia sunnah yang diteliti para pakar dari segi hikmah, manfaat, dan kesehatan. Benarlah yang dikatakan “Dibalik sunnah ada kejayaan. Bagi kita jika misalnya belum mengetahui manfaat dari beberapa sunnah Rasul, maka teruslah mengikuti adab dan tuntunan Rasul karena setiap sunnah Rasul pasti ada manfaat bagi tubuh. Manfaat itu hanya efek samping, motivasi utamanya adalah mengikuti adab dan tuntunan Rasul.


Editor : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)