Berita

on 22 Juni 2022
  • Berita
  • SMA Kajaolalido

SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka selama empat hari mulai tanggal 13, 14, 16, dan 17 Juni 2022. Sebanyak 20 peserta dari guru-guru SMA Islam Athirah 1 Makassar mengikuti kegiatan ini.

Para pemateri dalam kegiatan IHT merupakan anggota Komite Pembelajaran yang telah mengikuti IHT Sekolah Penggerak yang diadakan oleh Kemendikbud.

Kegiatan pada hari pertama diawali dengan kata pengantar dari Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. Dilanjutkan dengan Orientasi Peserta IHT berupa Penyampaian Tujuan dan Agenda IHT dan Kesepakatan Belajar yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Moh. Radi, S.Pd. Hari pertama IHT ditutup dengan pelaksanaan prestest bagi para peserta.

Hari kedua kegiatan diisi dengan materi Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak yang dibawakan oleh Wakasek Kurikulum dan SDM, B.J. Gunawan, S.Pd., M.Pd., serta materi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dibawakan oleh Ustadz Sage Al Banna, S.Pd., M.Pd.I.

Hari ketiga pelaksanaan IHT dilanjutkan dengan materi tentang Perangkat Ajar (CP, ATP, dan TP) yang dibawakan oleh Moh. Radi, S.Pd. kemudian masing-masing peserta ditugaskan membuat satu contoh ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) yang memuat Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP) dilengkapi Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan pada hari ketiga dilanjutkan dengan materi Modul Ajar yang dibawakan oleh Rismawati Razak, S.Pd., Gr. M.Si. dan Ary Ayu Astuty, S.Pd., Gr. Kemudian setelah materi para peserta diminta kembali membuat satu contoh Modul Ajar.

Hari terakhir pelaksanaan kegiatan IHT, Jumat, 17 Juni 2022 diisi dengan materi Prinsip Pembelajaran yang dibawakan oleh Puji Wajar Yanti, S.Psi. dilanjutkan Materi Assessment oleh Moh. Radi, S.Pd. Setelah itu dilanjutkan dengan Microteaching oleh peserta IHT yang diwakili oleh  Ustadz Andi Guli Ahmad, S.Pd.I.

Selama pelatihan berlangsung juga diselingi dengan Ice Breaking serta berbagai Quiz yang menarik. Kegiatan pelatihan IHT Impelemtasi Kurikulum Merdeka ini ditutup secara resmi oleh Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd.

Penulis: Yusminiwati (Tim Web SMA Islam Athirah 1 Makassar)