Kegiatan

on 22 November 2022
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

SMP Islam Athirah 1 Makassar gelar panen karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Selasa (22-11-2022) di Hall Lantai 1 Menara Athirah Jl. Kajaolalido Makassar. Acara yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh kepala dinas Pendidikan kota Makassar dan kepala dinas Lingkungan Hidup kota Makassar. Pada Panen Karya kali ini mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan ketua panitia Rini Budiarti S.Pd.,M.Pd.

Kemeriahan acara ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dengan mengundang para orang tua mereka. Undangan khusus pun diberikan kepada siswa kelas 6 SD Islam Athirah 1 makassar untuk turut menyaksikan panen karya P5 kakak-kakak mereka di SMP. Dukungan dari Badan Musyawarah Jamiah Sekolah Islam Athirah yang selalu mensupport kegiatan siswa juga turut hadir membersamai tim solid guru-guru SMP Islam Athirah di bawah pimpinan Nilamartini,S.Pd.,M.M.

Panen Karya P5 ini dibuka oleh Bapak kepala dinas Pendidikan kota Makassar Drs.H.Muhyiddin,S.E.,M.M. Pada kesempatan ini Muhyiddin menyampaikan apresiasi kepada SMP Islam Athirah 1 Makassar atas terlaksananya acara panen karya projek Pancasila P5 ini. Sebagai salah satu sekolah penggerak, Athirah menampakkan sayapnya dengan kegiatan ini yang selalu mendapatkan support dari Yayasan Kalla dan orang tua siswa melalui BMJ Sekolah Islam Athirah.

“SMP Islam Athirah 1 Makassar adalah sekolah penggerak yang selalu bergerak meningkatkan mutu pendidikan siswanya. Saya sangat mengapresiasi atas acara Panen Karya Profil Pancasila P5  yang dilaksanakan hari ini. Apa yang siswa pamerkan di kegiatan ini adalah kolaborasi antar siswa Athirah dengan guru-gurunya yang hebat yang memantik siswanya untuk mewujudkan program kegiatan Kurikulum Merdeka. Mari kita bersama-sama mendukung kemajuan pendidikan dan semoga anak-anak Athirah menjadi penerus bangsa yang berilmu dan bertakwa.” ujarnya

Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar Nila Martini S.Pd, MM., menuturkan bahwa acara panen karya Profil Pancasila (P5) ini bisa terlaksana karena kolaborasi antara semua pihak sehingga hari ini bisa terlaksana. Proyek pertama ini yang bertemakan gaya hidup berkelanjutan melalui proses 3 bulan untuk sampai ke hari ini yakni panen karya. Tema yang diangkat adalah sosialisasi sumber daya air yang fokus utamanya adalah daur ulang. Penjernihan air, pengelolaan sampah plastik dan styrofoam, serta eceng gondok menjadi objek penelitian siswa kelas 7 untuk didaur ulang yang menghasilkan sebuah kerajinan.

“Banyak hal yang mereka dapatkan dengan proses yang mereka lalui dalam P5 ini selain ilmu dan pengalaman. Mereka menghasilkan karya tulis, poster dan brosur, madin, produk kerajinan, praktek baik dan video projek. Lewat kegiatan P5 profil pancasila siswa diharapkan dapat meningkatkan cara berfikir kritis, beriman dan bertakwa.” tuturnya

Lebih lanjut ketua panitia projek pertama ini Rini Budiarti,S.Pd.,M.Pd., menyampaikan bahwa pameran pertama projek P5 ini tentu saja memerlukan beberapa persiapan. Tidak hanya mempersiapkan produk yang akan dipamerkan saja, peserta didik pun dituntut untuk berkolaborasi mempersiapkan stand pameran beserta hiasan-hiasan lainnya yang akan ditampilkan. Persiapan pameran ini memerlukan waktu sekiar dua minggu.

“ Alhamdulillah Setelah kurang lebih tiga bulan berjalan terhitung dari kegiatan awal, akhirnya puncak acara P5 dapat digelar hari ini 22 November 2022. Terlaksananya kegiatan ini tidak lepas dari peranan seluruh stake holder di antara pimpinan sekolah, guru, dan karyawan, orang tua siswa, dan seluruh siswa kelas 7. Harapan saya semoga projek ini dapat menjadi bahan referensi sekaligus bahan evaluasi untuk projek berikutnya.” pesannya


Laporan : Hasniwati Ajis (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)