Kegiatan

on 24 Juni 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Ujian sekolah telah usai namun bukan berarti kegiatan sekolah pun juga telah usai. Jika di hari pertama diadakan kegiatan penyuluhan protokol kesehatan namun di hari kedua diadakan pemberian materi keagamaan dengan motivasi berbakti kepada orang tua oleh guru Al-Quran. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (22/6/2021) diikuti oleh seluruh kelas 1 sampai 5 melalui virtual mulai pukul 08.30 sampai 10.00 Wita. 

Kegiatan motivasi ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diikuti oleh kelas 1, 2, dan 3 sedangkan untuk kelompok dua diikuti kelas 4 dan 5. Sebelum pemberian materi dan motivasi berbakti kepada orang tua terlebih dulu siswa-siswi diarahkan murojaah bersama yang dipandung oleh guru Al-Quran masing-masing lalu dilanjutkan pemberian motivasi oleh ustadzah Uswatun Hasanah di kelompok 1 dan Ustad Sansur di kelompok 2. Terakhir usai pemberian materi sekaligus motivasi siswa diberikan evaluasi penguasaan materi dalam bentuk quizziz. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar seluruh siswa-siswi SD Islam Athirah bisa lebih termotivasi dan meningkatkan bentuk baktinya kepada kedua orang tuanya. 

Saat membawakan materi, Ustad Sansur menyampaikan bahwa begitu amalan-amalan sholeh yang bisa dilakukan kepada orang tua dan tentunya bisa mendapatkan banyak pahala. Dan jika selalu berbuat baik terhadap orang tua maka janji Allah adalah orang tersebut akan masuk syurga. Hal yang sama dilakukan oleh Ustadzah Uswatun Hasanah sebagai pemateri mengawali pemberian materi dengan membacakan sebuah cerita tentang Uwais Al-Qarani yang begitu sangat berbakti kepada orang tuanya. 

Dalam kesempatan ini, Uswatun Hasanah S.Pd, berpendapat bahwa menurutnya kegiatan yang diadakan SD Islam Athirah 1 dengan tema birrul walidain atau berbakti kepada orang tua ini sangat bagus untuk siswa-siswi di jenjang SD karena kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kasih sayang seorang anak terhadap orang tuanya, selain itu mereka juga dapat berpikir kembali tentang kerja keras serta tanggung jawab orang tuanya. Sehingga termotivasi dalam melakukan kebaikan-kebaikan kepada bunda dan ayahnya. Terakhir beliau menyampaikan harapan yaitu setelah siswa-siswi mengikuti kegiatan ini, semoga siswa-siswi lebih meningkatkan kebaikan-kebaikan yg dilakukan serta lebih taat dan patuh lagi terhadap orang tua.

Penulis : Fajriati Ummah (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)