Kegiatan

on 24 Juni 2021
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Kamis (24/6/2021) SD Islam Athirah 1 Makassar mengadakan rapat kenaikan kelas tahun ajaran 2021/2021. Rapat yang dilaksanakan secara virtual ini dihadiri 51 orang peserta yang terdiri dari pimpinan, dewan guru dan karyawan SD Islam Athirah 1 Makassar. Rapat virtual ini berlangsung pukul selama 3 jam dari pukul 14.00 hingga 17.00 WITA.

Rapat kenaikan kelas dipandu langsung oleh pimpinan sidang kelas 1, 2, dan 3 yaitu Mei Cahaya, S.Pd. dan pimpinan sidang kelas 4, 5, dan 6 yaitu Fajriati Ummah, S.Pd. dan didampingi langsung oleh Wakasek Kurikulum.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Arfyuni Firman, S.Pd.,M.Si. mengatakan bahwa rapat  kenaikan kelas dilakukan untuk mengetahui laporan dari para wali kelas mengenai perkembangan siswa selama setahun ajaran ini.

"Kami harapkan kepada seluruh wali kelas untuk melaporkan keadaan peserta didiknya sesuai syarat dan kriteria kenaikan kelas yang telah ditetapkan. Kami harapkan dalam rapat ini dibutuhkan kerjasama dari rekan-rekan guru dalam mengambil keputusan secara bijaksana apalagi dalam kondisi pandemi covid-19," ujar Arfyuni.

Dalam rapat kenaikan kelas ini para wali kelas secara bergiliran melaporkan jumlah siswa di tiap kelasnya, memaparkan tentang perkembangan belajar siswa secara akademik dan non akademik, dan beberapa catatan penting kepada siswa tertentu untuk diperhatikan oleh wali kelasnya ketika naik kelas nanti.

Siswa dinilai untuk naik kelas bukan semata karena ketuntasan belajar dengan indikatornya nilai mencapai KKM, namun juga siswa dinilai bagaimana karakter, kedisiplinan, serta sikap selama proses pembelajaran setahun ini.

Selain itu ia juga berharap ke depannya para guru bisa merancang proses pembelajaran yang jauh lebih baik dan lebih cocok dengan mengetahui karakteristik siswa yang naik ke tingkat selanjutnya. Yang kedua yaitu memberikan motivasi kepada siswa yang teridentifikasi memiliki masalah pada proses pembelajaran.

Rencananya Jumat besok (25/6/2021) akan dilaksanakan penerimaan rapor online untuk level 2-5, sedangkan level 1 direncanakan akan dilaksanakan secara offline. 

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)