Kegiatan

on 24 November 2022
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Panen Karya SMP Islam Athirah I Makassar yang digelar pada tanggal 22 Nopember 2022 di hall lantai 1 menara Athirah telah membawa spirit tersendiri bagi warga SMP Islam Athirah, khususnya siswa kelas 7. Hal ini terlihat pada persiapan yang dilakukan terutama setelah mereka mendapat pembekalan pada pekan sebelumnya.

Beberapa bersiapan yang dilakukan oleh siswa kelas 7 SMP Islam Athirah I Makassar diantaranya adalah meempersiapkan dokumentasi rangkaian kegiatan P5 baik berupa foto maupun video, mempersiapkan produk P5 yang akan  dipajang dalam stand pameran, mempersiapkan stand dan hiasannya, serta melakukan latihan presentasi refleksi kegiatan P5. Siswa-siswa tampak bersemangat untuk menyelesaikan berbagai persiapan tersebut, sehingga merupakan suatu kewajaran jika panitia memberikan award atas usaha mereka.

Menurut sekretaris panitia panen karya, Munira, S.Pd., ada delapan kategori award yang ada pada ajang panen karya, di antaranya yaitu video field trip terbaik, brosur terbaik, produk terbaik, stand pameran terbaik, video dokumentasi P5 terbaik, presentasi refleksi terbaik, serta kelompok terbaik. “Setiap kategori awar memiliki format nilai tersendiri, dan yang terlibat menjadi juri di antaranya yaitu dari unsur pimpinan unit, Kepala Departemen Kurikulum serta BMJ,” tambahnya.

Berikut daftar pemenang award pada ajang panen karya P5 proyek gaya hidup berkelanjutan tahun 2022.

1.Video Fieldtrip terbaik

Juara 1 : Kelompok 2 Kelas Omar Khayyam

Juara 2 : Kelompok 1 Ibnu Al Haitsam

Juara 3 : Kelompok 2 Ibnu Khaldun

2.Brosur terbaik : Kelompok 2 Omar Khayyam

3.Mading terbaik

Juara 1 : Kelompok 2 Ibnu Khaldun

Juara 2 : Kelompok 2 Omar Khayyam

Juara 3 : Kelompok 2 Ibnu Al Haitsam

4.Produk terbaik

Juara 1 : Kelompok 1 Ibnu Khaldun

Juara 2 : Kelompok 1 Al Khazin

Juara 3 : Kelompok 1 Omar Khayyam

5.Refleksi terbaik

Juara 1 : Kelompok 2 Al Khazin

Juara 2 : Kelompok 2 Ibnu Al haitsam

Juara 3 : Kelompok 2 Ibnu Khaldun

6.Video P5 terbaik

Juara 1 : Kelompok 1 Al Khazin

Juara 2 : Kelompok 1 Ibnu Khaldun

Juara 3 : Kelompok 1 Ibnu Al Haitsam

7.Stand terbaik

Juara 1 : Kempompok 2 Ibnu Khaldun

Juara 2 : Kelompok 2 Omar Khayyan

Juara 3 : Kelompok 2 Ibnu AL Haitsam

8.Kelompok terbaik : Kelompok 2 Ibnu Khaldun

 

Siti Faiqah Amal, salah satu siswa kelas 7 Ibnu Khaldun yang merupakan ketua kelompok 2 menuturkan bahwa drinya merasa senang telah bisa membawa teman kelompoknya memperoleh award sebagai kelompok terbaik pada panen karya kali ini.

“Ini semua berkat kerja keras saya dan teman kelompok dalam membuat karya, juga dukungn dari guru-guru,” tuturnya.

Di antara deretan nama-nama pemenang, ada satu kelompok yang menarik, yakni kelompok yang memperoleh dua kali penghargaan untuk kategori video yaitu kelompok 1 kelas Ibnu Al Haitsam. Meksipun belum memperoleh juara pertama namun kelompok ini memperoleh juara 2 video fieldtrip dan juara 3 video P5. Rupanya kemenangan ini tidak lepas dari peranan seorang siswa bernama Aqilah Approdite Mulya, sosok yang cenderung pendiam namun bisa menghasilkan karya-karya yang indah dengan ketekunannya. Aqilah memang menyukai segala hal yang berhubungan dengan seni rupa, baik manual seperti menggambar dan membuat komik pada kertas, maupaun digital seperti membuat gambar dengan aplikasi dan mengedit video.

“Jujur, dari dulu saya memang suka edit video, jadi saya sendiri yang meminta untuk mengedit video dokumentasi kelompok saya ” tutur Aqilah seraya menyambungnya dengan panjang lebar, “saya mengeditnya sambil seru-seruan saja, karena memang sudah menjadi hobi sejak lama. Selain itu saya juga senang dibebaskan berkreativitas oleh kelompok saya, bahkan saya membuatnya sambil tertawa-tawa karena banyak peristiwa lucu yang saya dapatkandari video.” Di akhir wawancara Aqilah mengungkapkan rasa syukurnya telah menjadi juara walau pun dalam prosesnya masih ada kendala.


Laporan : Rini Budiarti (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)