Kegiatan

on 27 Maret 2021
  • Kegiatan
  • SMA Kajaolalido

Dua peserta didik SMA Islam Athirah 1 Makassar, Elvira Maharani dan Nurul Izzah Salsabila ikut ambil bagian dalam Podcast-Cash (Come and Speak Hour)  “International Talk Show Collaboration,” Sabtu (27/03/2021). Kegiatan Podcast-Cash ini melibatkan beberapa sekolah dan dua di antaranya adalah Sekolah Indonesia Luar Negeri.

Kegiatan yang bertemakan “A Moment Can Change Your Life: Dare to Speak up" ini merupakan kolaborasi yang digagas oleh Nurul Fikri Boarding School (NFBS) Serang  bekerja sama dengan SMP dan SMA Islam Athirah 1 Makassar, Sekolah Republik Indonesia Tokyo, dan Sekolah Indonesia Riyadh. 

Yusran, S.Pd., M.Pd., Wakasek Kurikulum SMA Islam Athirah 1 Makassar menyampaikan apresiasinya atas partisipasi Elvira dan Nurul Izzah dalam kegiatan talk show tersebut.

"Kami sangat bangga karena ananda Izzah dan Elvira telah mewakili siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar dalam kegiatan International Talk Show Collaboration. Meskipun tanpa persiapan khusus namun ananda Izzah dan Elvira tetap tampil baik dalam kegiatan tersebut.”

Sebelum kegiatan talk show dimulai, ditayangkan video singkat dari Koordinator Language Team NFBS Serang kemudian masing-masing Kepala Sekolah dari Sekolah Republik Indonesia Tokyo, SMP Islam Athirah 1 Makassar, Sekolah Indonesia Riyadh, dan SMA Islam Athirah 1 Makassar memberikan sepatah kata terkait harapan serta tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini. 

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. dalam video singkatnya menyampaikan harapannya serta memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan International Talk Show Collaboration.

“Saya sangat senang bisa bersama dengan para siswa yang hebat. Semoga kegiatan ini bisa menjadi awal yang baik untuk belajar, berbagi, dan bekerja sama di antara kalian semua. Saya juga sangat mengapresiasi acara ini dan semoga sukses,” yang diucapkan Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar dalam bahasa Inggris.

Host pada kegiatan Podcast-Cash ini adalah Syifa Maulidina dari SMA NFBS Serang dengan Co-Host Elvira Maharani dari SMA Islam Athirah 1 Makassar. Adapun yang menjadi pembicara dalam talk show ini adalah: (1) Zihni Fatihah (SMP NFBS Serang), (2) Nur Fatimah Az-Zahra (SMP Islam Athirah 1 Makassar), (3) Nurul Izzah Salsabila (SMA Islam Athirah 1 Makassar), (4) Nada Kamila (SMA NFBS Serang), (5) Mevia Nichele Tania (Sekolah Republik Indonesia Tokyo), dan (6) Haura Aurella Arifah (Sekolah Indonesia Riyadh).

Kegiatan talk show ini membicarakan beberapa hal antara lain tentang prinsip hidup, kehidupan sosial, sistem pendidikan, dan lain sebagainya dari para pembicara. 

Pada sesi tanya jawab, diberikan pula kesempatan kepada para partisipan untuk bertanya kepada pembicara, baik yang bergabung atau mengikuti kegiatan ini melalui aplikasi konferensi video Zoom Meeting maupun melalui YouTube.

Salah satu pertanyaan pada sesi penutup yang diberikan Host kepada Nurul Izzah adalah tentang apa saja dampak positif yang diperoleh dari kegiatan Podcast-Cash ini.

“It is an honour for me to attending this podcast. Thank you guys, thank you for conducting this podcast during our pandemic situation. Thank you for inviting my school and I am glad to see all of you. I am glad to hear all of your opinions and with the other main speakers. Honestly I like to talk like this. Honestly I like to share my opinion but definitely this is the first agenda, this is the first activity that I can realize my hobby, my passion to you and this is something I have to grateful for. And also I hope that we can meet directly.”

Elvira Maharani sebagai Co-Host pada sesi penutup kegiatan ini juga menyampaikan terima kasih kepada para pendukung acara dengan bahasa Inggris yang fasih.

“And also I want to say big thanks for all schools as our school partners for Sekolah Indonesia Riyadh Arab Saudi, for Sekolah Republik Indonesia Tokyo Jepang, and especially thanks for Pesantren Nurul Fikri Boarding School Serang, Banten.” 


Penulis: Yusminiwati (Tim Humas SMA Islam Athirah 1 Makassar)