Kegiatan

on 24 Juni 2022
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

In-House Training (IHT) adalah sebuah bentuk program pelatihan, dimana materi pelatihan, waktu serta tempat pelatihan ditentukan sesuai dengan permintaan peserta, dilakukan berdasar pemikiran bahwa sebagian kemampuan dalam meningkatkan kompetensi dan karier guru tidak harus dilakukan secara eksternal, namun dapat dilakukan secara internal. Dalam menyambut tahun ajaran baru 2022/2023 SMP Islam Athirah I Makasar menggelar IHT pada hari jumat, tanggal 24 juni 2022 bertempat di ruang matematika 3 lantai 5 Menara Athirah.

IHT yang dihadiri oleh seluruh guru SMP Islam Athirah ini menghadirkan Saharuddin,S.Pd. yang saat ini berperan sebagai instruktur nasional sekolah penggerak. Didin, panggilan akrabnya mengawali IHT dengan kegiatan ice breaking yang menyenangkan. Setelah kegiatan ice breaking kegiatan IHT diisi dengan pemaparan materi tentang Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka yang sedianya akan diterapkan merata di seluruh Indonesia pada tahun 2024, saat ini sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah penggerak, termasuk SMP Islam Athirah I Makassar.

“Siap atau tidak siap, mau atau tidak mau, untuk tahun ajaran baru ini, SMP Islam Athirah I Makassar harus menggunakan Kurikulum Merdeka”, tutur Didin.

Kurikulum Merdeka yang dibahas pada IHT kali ini dimulai dengan membangun pemahaman bersama atau mindset mengenai esensi perubahan kurikulum. Esensi perubahan kurikulum bukan menyangkut masalah administrasi, namun terdapat pada perubahan cara pandang serta peyesuaian pendidikan dengan perubahan lingkungan. Namun apakah administrasi itu penting?

“Guru terbaik di dunia pun memerlukan persiapan sebelum  mengajar, dan alangkah lebih baiknya jika semua persiapan tersebut dibuat dalam sebuah tulisan dan diarsipkan sehingga menjadi bagian dari administrasi.” ujarnya

Paparan Kurikulum Merdeka berikutnya adalah menganai capaian pembelajaran, alur pembelajaran, sampai dengan asssesmen pembelajaran. Didin hanya menyampaikan gambaran umum mengenai hal ini. Secara teknis kurikulum merdeka akan lebih banyak dibahas pada IHT tahap dua yang akan digelar pekan depan dengan pendampingan dari salah satu sekolah penggerak yang sudah berjalan sejak tahun lalu yakni SMA Islam Athirah I Makassar.


Penulis : Rini Budiarti,M.Pd.

Editor : Hasniwati Ajis (Tim web SMP Islam Athirah 1 Makassar)