image

Perkuat Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa Kelas XI, SMA Islam Athirah Bone Gelar Kemah Blok Pramuka



SMA Islam Athirah Bone menggelar acara Kemah Blok Ambalan Sawerigading - We Tenriabeng yang dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 8 September 2023 lalu, dimana fokus pesertanya adalah siswa dan siswi kelas XI sebanyak 67 siswa. Acara Kemah blok dinilai mampu membentuk anggota pramuka SMA Islam Athirah Bone lebih tangguh dan tanggap terhadap masalah yang ada.

Kemah Blok merupakan salah satu implementasi dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Kemah Blok merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan di SMA Islam Athirah Bone dan termasuk sebagai salah satu rangkaian kegiatan pembelajaran dan penilaian bagi peserta didik. Berbeda dengan pelaksanaan Kemah Blok yang lalu, untuk pelaksanaan Kemah Blok kali ini, penilaiannya untuk digunakan dua semester sekaligus. 

Kegiatan Kemah Blok diawali dengan pembukaan di lapangan SMA Islam Athirah Bone pada tanggal 6 September 2023 pukul 08.00 WITA. Dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Eva Rukmana, S.Pd., Gr., beliau menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan Kemah Blok kali ini. “Semoga semangat yang dibangun Bapak Pandu Dunia, Baden Powell, mengakar dalam diri kita sebagai generasi muda yaitu membangun jiwa berlatih dan mengabdi, serta mengembangkan kreativitas. Tentu, menghidupkan nilai-nilai dari Dasa Dharma Pramuka juga tidak lepas dari kegiatan kita nanti. Ketika nilai-nilai itu mampu kita jalankan pasca kemah ini diadakan, insya Allah kita akan terlahir menjadi manusia yang bertakwa, beradab, bertanggungjawab, dan cinta sesama.” 

Setelah mengikuti upacara pembukaan, peserta mengikuti materi pertama dan kedua. Pada pukul 14.30 WITA, peserta berangkat ke lokasi perkemahan yang berjarak sekitar 3 kilometer dari sekolah dengan berjalan kaki sembari membawa perlengkapan perkemahan dan barang pribadi mereka. Seluruh peserta dibagi menjadi 8 sangga yang terdiri dari 5 sangga putri dan 3 sangga putra. 

Seiring dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka, maka diadakan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), salah satunya melalui Kemah Blok Pramuka. Inti pelaksanaan kegiatan P5 adalah persiapan, pelaksanaan dan monitoring pada setiap tahapan pelaporannya, Bagi kelas XI kegiatan ini sangat amat berkesan. Terbukti dari tahap persiapan dengan pembentukan kelompok, pembagian tugas, dan mendokumentasikan setiap kegiatan peserta. Pada hari terakhir, para peserta melakukan persiapan untuk penampilan pada pentas seni, dimana setiap kelas berusaha berkarya untuk tampil sebaik mungkin pada saat malam pentas. Selain itu, seluruh peserta mendalami materi tali temali dan ketongkatan yang dipunggawai oleh para sangga kerja. Menariknya, pada pelaksanaan kemah kali ini, seluruh panitia merupakan teman seangkatan peserta, namun kegiatan tetap berjalan sesuai prosedur. “Saya kagum melihat pelaksanaan Kemah Blok yang dikoordinir oleh peserta didik kelas XI sementara pesertanya juga berasal dari angkatan yang sama. Ini merupakan hal menarik karena memang baru kali ini kondisinya demikian. Sempat ragu di awal, namun ketika proses sudah berlangsung, alhamdulillah mereka bisa bekerja profesional, baik sebagai sangga kerja maupun sebagai peserta.”, ungkap Ilham, S.P.d., selaku ketua gugus 23.073-23.074 SMA Islam Athirah Bone.



Previous PostLuar Biasa, Dua Atlet SD Islam Athirah 2 Borong 3 Medali Lomba Renang Haornas 2023
Next PostBanjir Prestasi, 24 Siswa SD Islam Athirah Boyong Medali Pada Ajang Festival Sains Nasional (FESANAS)