Kegiatan

on 18 September 2022
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Field trip merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran di luar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan. Seperti yang telah dilakukan oleh seluruh siswa kelas 6 SD Islam Athirah 1 Makassar pada Rabu (31/08/2022). Kegiatan field trip yang bertempat di Fort Rotterdam Makassar ini mengusung tema Sejarah Perjuangan Kemerdekaan. Kegiatan ini diikuti oleh 108 siswa kelas 6 dan 14 orang guru pendamping.

Khasan, S.Pd., M.M. selaku Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar, dalam open mind-nya, menyampaikan kepada para siswa bahwa perjuangan kemerdekaan itu tidak sebatas melawan penjajah, tetapi kunjungan para siswa SD Islam Athirah 1 Makassar di Fort Rotterdam itu juga merupakan bentuk perjuangan sebagai pelajar.

Sementara itu, Agustiana, S.Pd. selaku ketua panitia dalam kegiatan ini mengungkapkan bahwa tujuan dari field trip ini adalah agar siswa mengenal lebih jauh situs sejarah di Makassar dan mengetahui bagaimana perjuangan yg dilakukan masyarakat untuk melawan penjajah. 

“Siswa tampak antusias untuk mengetahui lebih jauh mengenai fort rotterdam, bahkan ternyata  mereka tidak mengetahui bahwa salah satu pahlawan nasional yaitu Pangeran Diponegoro pernah ditahan di Fort Rotterdam,” ungkap guru yang lebih akrab disapa Bu Ana.

Guru yang merupakan wali kelas 6 Al Khabir ini juga menyampaikan beberapa harapannya. Beliau berharap semoga pembelajaran yang dilaksanakan di luar sekolah kali ini dapat berkesan dan selalu diingat oleh anak-anak, serta dapat menghargai jerih payah para pahlawan untuk kemerdekaan bangsa ini  dengan cara belajar dengan tekun.

Penulis : Dewi Purnama Sutji, S.Pd.,M.Pd. (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)