Kegiatan

on 16 Oktober 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

SMP Islam Athirah 1 Makassar Lakukan penerimaan rapor Penilaian Tengah Semester (PTS) semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada hari jumat, 15 Oktober 2021 secara luring.  Acara ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan meliputi wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak. 

Penerimaan rapor dilakukan dengan tiga sesi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan orang tua murid. Sesi pertama kelas VII dimulai dari pukul 08.00 – 10.00 Wita, sesi dua kelas VIII pukul 10.00-12.00 Wita, dan sesi tiga kelas IX pukul 13.00-15.00 Wita. Melalui penerimaan rapor ini, pihak sekolah berharap agar orang tua murid dapat melihat gambaran sementara kemampuan akademik yang dimiliki oleh putra-putrinya. Dengan hasil yang diperoleh dari tiga bulan pembelajaran ini, orang tua dapat mengetahui potensi anaknya untuk bisa lebih baik tiga bulan ke depan menghadapi ujian semester ganjil.

Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah mengukur hasil pembelajaran murid selama setengah semester. Mengukur apakah materi pelajaran yang diberikan oleh guru pada setiap mata pelajaran selama setengah semester yang dilaksanakan secara daring sudah mampu dipahami atau belum oleh murid. 

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum Kasman,S.Pd., salah satu tujuan penerimaan rapor PTS  adalah orang tua dapat mengetahui perkembangan belajar anaknya di tiga bulan pertama belajar di semester ganjil. Dan bagaimana pendampingan bersama antara orang tua selaku pemantau dari rumah terhadap anaknya selama belajar daring yang pelaksanaan belajarnya dari rumah dan koordinasi guru untuk memperbaiki perkembangan belajarnya hingga di akhir semester ganjil.

Hal yang menjadi tambahan penyampaian pada orang tua dalam penerimaan rapor ini adalah berkenan pelaksanaan PTM yang akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 18 Oktober 2021. Ada 3 poin yang menjadi perhatian yakni persiapan SMP Islam Athirah 1 mengupayakan layanan terbaik, baik pembelajaran PTM atau PJJ. Kepatuhan pelaksanaan protokol kesehatan bagi murid yang melaksanakan PTM di sekolah, dan mengingatkan jadwal sebagai mekanisme pembelajaran mulai dari roster dan pola belajar murid yang akan menyesuaikan dari PJJ ke PTM

“Harapannya Semoga pelaksanaan PTM nanti bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala dan pelaksanaan protokol kesehatan tetap terlaksana dengan baik, dan masa transisi selama 2 pekan menjadi langkah awal yang baik untuk bisa belajar normal seperti biasa” ujarnya


Laporan : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)