Berita

on 21 Juni 2022
  • Berita
  • SMA Kajaolalido

SMA Islam Athirah 1 Makassar diundang untuk memberikan pengimbasan kurikulum merdeka belajar sekolah penggerak di SMAN 9 Wajo pada hari senin (20-06-2022), dalam kegitan tersebut dihadiri oleh pengawas, guru, karyawan SMAN 9 Wajo.

Tawakkal Kahar sebagai pemateri dari SMA Islam Athirah 1 Makassar datang langsung ke lokasi di Kabupaten Wajo untuk memberikan sosialisasi segaligus pengimbasan implementasi kurikulum merdeka pada program sekolah penggerak.

SMA Islam Athirah 1 Makassar merupakan sekolah penggerak angkatan pertama, sehingga implementasi praktik baik yang telah dilakukan perlu diimbaskan ke sekolah-sekolah lain.

“Kita sebagai pilot project sekolah penggerak harus berperan aktif dalam menyampaikan implementasi kurikulum merdeka dan praktik-praktik baik yang telah kita lakukan ke sekolah-sekolah lain, juga sekaligus menjadi ladang pahala amal jariah bagi kita” ungkap Tawakkal.

Pengawas manejerial SMAN 9 Wajo dalam testimoninya menyambut baik adanya kurikulum merdeka, guru lebih kreatif dan siswa lebih merdeka untuk belajar.

“Kami menyambut baik pelaksanaan kurikulum merdeka ini, karena kurikulum ini memberikan harapan terutama bagi gru-guru kita dan kami bayangkan setelah guru-guru mengikuti sosialisasi ini maka guru-guru mampu merancang atau berkreasi sendiri, demikian juga siswa ada kemerdekaan juga untuk memilih pelajaran-pelajaran yang diminati”, ungkap Jabir.

Salah seorang peserta mengaku banyak mendapatkan insight setalah mengikuti pelatihan ini.

“Selama mengikuti kegiatan ini saya banyak sekali mendapatkan insight, termasuk bagaimana menerapkan kurikulum yang tergolong baru di kalangan kita sebagai pengajar dan bagaimana mengimplementasikan kedepannya agar tidak kabur dalam penerapannya”, ungkap Mutia.

Dalam kegiatan tersebut peserta juga melakukan aktivitas kelompok dan diselingi ice breaking sehingga peserta selalu semangat mengikuti pelatihan, serta di akhir kegiatan peserta disuguhi quizizz untuk mengevaluasi materi yang diperoleh selama kegiatan dan peserta yang masuk sepuluh besar mendapatkan hadiah yang menarik dari pemateri.

Pada penutupan kegiata sosialisasi sekaligus pengimbasan kurikulum sekolah penggerak, pengawas manajerial SMAN 9 Wajo merasa lega setelah mengikuti kegiatan tersebut.

“Meski terasa masih sedikit sekali pencerahan yang didapatkan akan tetrapi kita sudah mendapatkan bayangan dan mudah-mudahan materi yang kita dapat hari ini bisa menjadi bekal untuk menyambut tahun ajaran 2022/2023” tutup Jabir.

 

Penulis: Yusran