Kegiatan

on 08 Juni 2021
  • Kegiatan
  • TK Kajaolalido

TK Islam Athirah menggelar kegiatan Hubbul hubbul Quran dan Imtihan. kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 4 Juni 2021 bertempat di Baby House Sekolah Islam Athirah. Kegiatan Hubbul Quran ini turut dihadiri bapak wakil direktur wilayah kajaolaliddo, Bapak Mas Aman Uppi yang dalam sambutannya beliau mengajak orang tua untuk lebih peduli dengan pendidikan anak melalui kerja sama dengan sekolah untuk membantu anak mengembangkan kompetensinya terutama dalam belajar mencintai Al Quran. 

Koordinator kegiatan Hubbul Quran ini Ustadz Risno. beliau juga menjelaskan dalam wawancara disela-sela berlangsungnya kegiatan Hubbul Quran bahwa "kegiatan Hubbul Quran ini dilakukan secara daring dan luring.  Ada dua belas anak hadir  secara luring dan empat belas anak hadir melalui virtual. Dalam laporannya ustadz Risno juga menyampaikan bahwa capaian tahun ini adalah capaian yang tertinggi, melampaui target jaminan mutu yaitu menyelesaikan jilid 3 saat tamat dari TK. Tetapi sungguh mengagumkan bahwa tahun ini bahkan ada 6 anak yang sudah melampaui jilid 6 atau saat ini berada pada capaian Al Quran".

Kegiatan Hubbul Quran berjalan seru dan begitu cair suasananya dengan keunikan karakteristik anak usia dini yang dipandu oleh ustadzah Ayzhari Nuhril Muthmainnah dan ustadz  Komarudin Efendi sebagai pemandu acara pada sesi imtihan. Para pemandu melakukan tanya jawab kepada anak-anak seperti nama dan cita-citanya. hal yang membuat suasana menjadi begitu menyenangkan ketika seorang anak yang bernama Ozean yang menjadi peserta Hubbul Quran secara luring sempat membuat para undangan yang hadir tertawa dengan jawaban yang diberikan ketika ditanya apa  cita-citanya, Ozean menjawab dengan tidak yakin Sebenarnya cita-cita saya dokter gigi tapi kenapa ada teman yang mau jadi dokter gigi juga kata Ozean. Dengan penuh kasih sayang  dan bijak ustadzah Ayz menjawab  iya dokter gigi itu banyak karena pasiennya juga banyak kembali gelak tawa terdengar dari para undangan.

MC juga memberikan kesempatan kepada para orang tua untuk memberikan pertanyaan kepada sang anak, baik berupa hafalan surah, doa maupun hadits.  Tak lupa pula, anak-anak yang mengikuti kegiatan hubbul dari rumah, kedua MC memberikan pertanyaan acak kepada setiap anak.

Salam takzim teriring doa dan harapan yang dibawakan oleh ustdzah Ayz menambah khidmat acara yang mempersilahkan setiap anak datang kepada orang tuanya dan memasangkan mahkota sebagai simbol (hadiah persembahan kepada orang tua). 

Sesi akhir, testimoni dari Ibu Nurul Febriyanti ibunda dari Ozean menceritakan bagaimana perjalanan dan diskusi-diskusi yang dilakukan dengan wali kelas sehingga anaknya berada pada capaian tuntas jilid 6 sementara ibunda Ozean adalah seorang ibu yang juga bekerja. Ibunda Ozean juga mengajak kepada para orang tua untuk tidak menyerah dengan keadaan dan terus berupaya bagaimana anak-anak tetap bisa belajar secara berkualitas.

Semoga anak-anak semakin mencintai Al Quran, semangat mempelajari, menghafal dan mengamalkan Al Quran sehingga terbentuk generasi Qurani yang baik akhlaknya dan memberi manfaat positif untuk kehidupan pribadi dan lingkungannya. Aamiin

Penulis: Siti Khotijah, S.Pd (Kepala TK Islam Athirah 1)