Kegiatan

on 19 Mei 2022
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bone

Rapika Samsyu, S.Pd.,  guru pengampu mata pelajaran Kimia SMA Islam Athirah Bone patut berbangga hati atas capaian yang diraihnya. Pasalnya ia dinobatkan sebagai salah satu guru berprestasi kabupaten Bone tahun 2022 pada Upacara Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan pada Kamis, 19 Mei 2022 di Kantor Bupati Kabupaten Bone. 


Perempuan kelahiran 25 Mei 1990 ini menyabet medali perak pada ajang Kimia Guru dan Mahasiswa National Young Scientist Innovation Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) 2022 Tingkat Nasional yang lalu membawanya menjadi salah satu guru berprestasi di Kabupaten Bone, tempatnya mengajar sejak tahun 2012. 


Saat dikonfirmasi terkait raihan prestasi yang diraihnya, ia mengaku senang. “Alhamdulillah tidak menyangka mendapat penghargaan ini.  Pas dikabari untuk hadir di upacara Hardiknas, saya kaget dan bertanya kriteria penganugerahannya seperti apa. Ternyata dilihat dari hasil lomba yang pernah saya ikuti.”


Selain mengajar mata pelajaran Kimia di kelas, Ibu Fika, sapaan akrabnya, juga aktif membimbing Kompetisi Sains Nasional (KSN) Bidang Kima di SMP dan SMA Islam Athirah Bone di akhir pekan. Tak hanya itu, ia juga didapuk mengajarkan materi Kimia untuk persiapan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) kepada siswa kelas XII SMA Islam Athirah Bone. “Yah, boleh dibilang, sebagian besar waktu saya, saya habiskan untuk mengajar, dan tentu masih belajar. Karena bagi saya, tugas utama seorang guru bukan hanya mengajar tapi belajar. Jika kita, seorang guru, berhenti belajar, maka sama saja kita menyerah menjadi guru”, pungkasnya bijak. Diakuinya, ini kali kedua ia mendapatkan penghargaan dari pemerintah Kabupaten Bone. Pertama kali, ia pernah meraih juara 2 penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru pada tahun 2015 dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional di Kabupaten Bone.


Dari rekam prestasi akademik SMP dan SMA Islam Athirah Bone,anak binaannya di ekstrakurikuler Kimia telah menyumbangkan sederet piala dan berbagai macam penghargaan. Beberapa prestasinya bahkan sampai di tingkat nasional. Perempuan asal Luwu Utara ini mengaku menyukai tantangan dan selalu memotivasi anak binaannya untuk bisa menaklukkan soal-soal rumit. Ia juga rutin mengupgrade ilmu melalui pelatihan dan workshop, hingga melanjutkan studi S2. 


Penyuka warna pastel ini juga kerap membagikan kisah-kisah inspiratif kepada siswa di sela-sela kelasnya. Beberapa siswa mengaku banyak mendapat motivasi dan inspirasi dari Ibu Fika, sehingga tidak heran, ia pun pernah menjadi guru paling inspiratif SMA Islam Athirah Bone tahun 2022. Di forum-forum pengembangan guru karyawan SMA Islam Athirah Bone, ia pun sering mebagikan hasil bacaannya untuk menambah suplemen informasi yang positif. 


Setelah mendapatkan penghargan ini, “Saya berharap pemerintah sering memberikan apresiasi untuk guru berprestasi seperti ini, agar guru senantiasa bergerak dan berkarya. Guru perlu mendapat perhatian khusus karena dari gurulah generasi yang mampu beradptasi dengan perubahan dapat dilahirkan”, tutupnya. (Eva Rukmana-SMA Islam Athirah Bone)