Berita


  • Berita
  • /
  • SMA Boarding School Bukit Baruga
on 13 Oktober 2021
  • Berita
  • SMA Boarding School Bukit Baruga

MAKASSAR_Asrama Athirah Bukit Baruga mengelar pelatihan penulisan antologi, Selasa (12/10/21). Pelatihan ini di khususkan kepada seluruh karyawan Asrama Athirah Bukit Baruga yang hadir di ruang LEC Athirah diantaranya, pembina asrama, petugas UKS asrama, petugas kantin dan OB asrama.

Dalam sambutannya kepala Asrama Athirah Bukit Baruga Ahmad Nafi Wellette, S.Pd.I. Menekankan untuk semua peserta bisa berkomitmen dalam penulisan buku antologi yang akan menjadi buku perdana Asrama Athirah Bukit Baruga nantinya.

"Alhamdulillah kita di pertemukan ditempat ini dalam merilis buku antologi Asrama Athirah Baruga ini dilandasi dengan adanya komitmen bersama untuk melahirkan sebuah karya bersama untuk menggarap buku antologi asrama ini. Tulisan kita bisa menjadi Inspirasi bagi pembaca, buah pikiran yang kita pikirkan kita tuangkan dalam tulisan kita terutama ketika kita berada di asrama dan semoga bisa segera dirilis"

Tidak hanya itu Nafi sapaan akrabnya, mengutip sebuah ayat dalam Al-Qur'an yang memerintahkan kepada kita untuk menulis. Allah SWT berfirman

Artinya : Demi pena dan apa yang mereka tuliskan. (QS. Al-Qalam : 1). Makna ayat ini Allah SWT bersumpah dengan pena yang dengannya para malaikat dan manusia menulis, dan dengan apa yang mereka tulis, berupa kebaikan, manfaat dan ilmu-ilmu.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri internal asrama yang sudah berkompoten dalam penulisan buku antologi. 

Dalam penyampaian materi pelatihan Najmawati J, S.Pd.I Mengatakan agar tulisan kita dapat tersusun dengan baik, maka seharusnya ada tahapan-tahapan atau sistem penulisannya agar memudahkan penulis antologi pemula. Najma menambahkan, ada hal penting yang harus diperhatikan yang menjadi poin-poin dalam penulisan itu, sehingga mempermudah kita untuk memulai dalam penulisan kita.

"Jadi ketika teman-teman mulai untuk menulis harus dengan tahapan yang baik dan benar. Adapun tahapan tersebut adalah menentukan ide atau tema, kemudian tentukan jenis tulisan dan kita bisa mulai menulis. Jangan lupa review tulisan kita sendiri dan terakhir self-editing"

"Mulailah dengan apa yang ada di pikiran masih-masing, tidak melakukan editing sambil menulis, endapkan tulisan sebelum akhirnya diedit, perhatikan penggunaan kata baku dan tanda baca, sesuai KBBI dan PUEBI, hindari plagiarisme" tambahnya.

Kita berpikir maka kita ada, jika kita tidak berpikir maka kita tidak ada. Allah SWT mewajibkan kita untuk belajar membaca & menulis ini berlandas dengan dalil-dalil Al Qur'an.

Netizen Reporter : Ustaz Ners