Kegiatan


  • Kegiatan
  • /
  • SMA Boarding School Bukit Baruga
on 18 Maret 2021
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bukit Baruga

Salah satu nikmat Allah yang luar biasa dahsyat untuk kita adalah panca indra. Kelima indera ini menjadi pintu masuk kita untuk merasakan dan mengalami sesuatu yang tidak mampu dijelaskan oleh ilmu. bisa juga dimaknai sebagai alat. maksudnya adalah ada sesuatu yang tidak mampu dijelaskan secara ilmu dan ilmuwan juga bingung untuk menjabarkannya, namun bisa dimengerti dan dipahami dengan sangat mudah oleh kelima indra yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikan kepada kita.

Contohnya saja kita mengetahui berbagai macam warna na melalui indra penglihatan kita yang bernama mata. kita mampu membedakan antara merah dan putih dengan sangat mudah dengan bantuan mata kita. Namun Bisakah kita memahamkan Apa itu warna merah atau apa itu warna putih kepada orang yang tidak memiliki penglihatan atau orang yang yang kita sebut dengan buta? Pasti kita akan merasa sangat kesulitan untuk menjelaskan kepadanya jadi pemahaman tentang warna hanya bisa diberikan oleh mata bukan dengan penjelasan ilmu.

Demikian pula Indra ke-2 kita yaitu telinga indra pendengaran ini ini menjadikan kita mengenali perbedaan suara cara dan bunyi, melalui telinga kita ini kita bisa membedakan suara lantunan Alquran suara musik suara adzan dan suara petasan. namun kita tidak akan sanggup menjelaskan Merdunya lagu-lagu Rhoma Irama atau indahnya lantunan ayat suci Alquran kepada orang yang tidak memiliki indera pendengaran atau yang kita sebut dengan orang yang tuli.

Indra yang ketiga adalah hidung. indra penciuman ini ini juga sangat luar biasa mustahil kita mampu mengartikan wangi parfum secara ilmiah namun hidung ternyata berhasil membeberkannya secara cara mudah kepada kita mana itu bau yang wangi dan mana itu bau yang busuk dan seluruh pertanyaan seputar bau hanya bisa dijawab oleh eh hidung kita dan bukan dijawab dengan ilmu.

Indra peraba atau kulit kita di dalam kulit kita terdapat saraf sensoris yang bisa merasakan segala apa yang kita sentuh dan segala apa yang kita pegang. itu tidak bisa dijelaskan oleh Indra yang lain selain kulit. sebagai contoh bagaimana kita bisa merasakan   perbedaan antara cara panas dan dingin kecuali hanya bisa dirasakan oleh kulit dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata atau ilmu bahwasanya panas itu begini dingin itu begitu .

Terakhir adalah lidah kita lidah ini berfungsi sebagai pengecap atau perasa dan inilah salah satu karunia Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang menjadikan hidup kita menjadi sangat indah. dengan lidah kita bisa menikmati berbagai macam menu hidangan yang tersaji untuk kita, mulai dari Manisnya Gula hingga asinnya garam kita dengan mudah membedakan itu semua dengan bantuan lidah kita. ilmuwan sehebat apapun pasti akan menyerah jika diminta untuk menjelaskan apa itu rasa pedas Apa itu itu rasa asin dan apa itu rasa manis kecuali dengan mengizinkan lidah kita untuk mencicipinya oleh karena itu marilah kita selalu bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas berbagai macam nikmat yang diberikan kepada kita

Penulis : Anton Sujarwo, S.Th.i