Berita

on 18 Oktober 2021
  • Berita
  • SMA Kajaolalido

SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan Bimtek Program Roots Pencegahan Perundungan, Senin (18/10/2021). Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan Bimtek ini adalah "Bersama Agen Perubahan, Kita Terapkan Disiplin Positif."

Kegiatan ini digelar luring dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bertempat di Lantai 8 Menara Sekolah Islam Athirah. Sebanyak 30 siswa/siswi yang telah ditunjuk sebagai agen perubahan program Roots mengikuti kegiatan ini yang dipandu oleh 2 fasilitator guru program Roots yaitu Andi Opu, S.Pd. dan Jumarni, S.Pd., Gr.  

Salah seorang fasilitator guru, Andi Opu, S.Pd. yang akrab disapa Bu Opu memaparkan tujuan pelaksanaan kegiatan Bimtek Program Roots.

“Tujuannya adalah memberikan penjelasan dan gambaran kepada 30 agen perubahan yang terpilih tentang hal-hal yang akan dilakukan sebagai agen yang berkewajiban menebarkan virus positif kepada siswa lainnya,” ujarnya.

Materi Pengenalan yang mengawali kegiatan Bimtek antara lain membahas tentang Kesepakatan Kelas, Penjelasan Program Roots, Perkenalan "Bola Pengaruh", dan Kotak Perubahan. Kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya yaitu tentang “Mengenal Identitas, Kepercayaan, dan Kesadaran Kelompok,” serta beberapa materi lainnya. Sebanyak 10 aktivitas/pertemuan yang dijadwalkan dalam kegiatan Bimtek ini. 

Kegiatan Bimtek bagi siswa ini merupakan kegiatan lanjutan dari beberapa rangkaian kegiatan Program Roots yang telah digelar SMA Islam Athirah 1 Makassar, di antaranya Sosialisasi Program Roots bagi para guru dan siswa/siswi SMA Islam Athirah 1 Makassar serta pemilihan agen perubahan Program Roots. 


Penulis: Yusminiwati (Tim Web SMA Islam Athirah 1 Makassar)