Kegiatan

on 07 Januari 2022
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

Di awal Semester Genap ini, Sekolah Islam Athirah agendakan kegiatan K-3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) pada Kamis (01/06/22). Agenda yang dimulai pada pukul delapan pagi ini dilaksanakan secara langsung di Ruang Auditorium dan secara daring melalui Zoom. Adapun jumlah peserta yang diundang sebanyak 164 orang yang terdiri dari perwakilan setiap unit dan sekretariat Sekolah Islam Athirah. 

Dilansir dari surat undangan yang disampaikan kepada seluruh pimpinan unit Sekolah Islam Athirah, tujuan dari agenda K-3 ini adalah sebagai upaya tindakan pemahaman tentang evakuasi bencana di lingkungan Sekolah Islam Athirah. Dalam kegiatan tersebut para peserta tidak hanya diberikan materi terkait evakuasi bencana, tetapi juga diberikan simulasi tanggap darurat bencana. Hal ini bertujuan agar para peserta dapat menghindari kepanikan sebagaimana yang dijelaskan oleh salah satu peserta pelatihan dari unit SD Islam Athirah 1 Makassar, Indah Ramadhani, S.Pd mengungkapkan “Kegiatan pelatihan ini bertujuan agar para peserta mampu lebih siaga, lebih siap dan tidak panik saat terjadi bencana”, terangnya dalam wawancara pesan Whatsapp.

Pelatihan yang diadakan hingga sore hari ini dihadiri oleh empat pemateri, yakni PMI Provinsi Sul-Sel, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), PMI kota Makassar, dan Damkar (Pemadam Kebakaran) kota Makasar. Materi yang disampaikan tentunya sangat menarik dan bermanfaat bagi peserta pelatihan. Hal ini dapat terlihat dari semangat dan antusiasme para peserta dari awal hingga akhir kegiatan. Hal senada juga disampaikan oleh Bu Indah, “Para peserta terlihat sangat antusias. Peserta banyak yang bertanya dari awal hinga akhir materi bahkan mereka juga bersedia untuk menjadi model dalam simulasi pertolongan pertama saat kecelakaan.

Setelah melakukan kegiatan pelatihan ini, diharapkan para peserta tidak terlalu panik saat menghadapi korban kecelakaan di jalan ataupun bencana. Selain itu, para peserta juga dihimbau untuk lebih memperhatikan kondisi tabung gas dan instalasi listrik yang ada di rumah masing-masing.

Penulis : Dwi Azmiyana, S.S. (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)