Kegiatan

on 09 Oktober 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

SMP Islam Athirah 1 Makassar secara rutin melaksanakan rapat koordinasi sebagai bentuk evaluasi terhadap pembelajaran yang telah berlangsung selama 3 bulan sejak tahun ajaran dimulai.  Rapat koordinasi ini dilaksanakan pada Rabu 6 Oktober 2021 melalui zoom meeting yang dihadiri oleh pimpinan unit SMP Islam Athirah 1, guru BK dan wali kelas disemua level. Secara umum pertemuan ini mengagendakan tentang laporan kondisi akademik dan perkembangan non akademik peserta didik masing-masing kelas serta persiapan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) secara  terbatas.

Pertemuan ini dipandu oleh Wakasek Kesiswaan dan Keagamaan bapak Musawwir, LC, yang kemudian dibuka oleh kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar ibu Nilamartini, S.Pd,M.M dengan memberikan arahan tentang pentingnya rapat koordinasi ini selain untuk mengevaluasi proses belajar mengajar selama periode bulan Juli-September, para guru khususnya wali kelas dapat merencanakan program atau strategi dikelasnya masing-masing. Pada kesempatan berikutnya, wali kelas diberikan waktu untuk melaporkan secara singkat perkembangan peserta didik dikelasnya masing-masing dimulai dari level kelas IX kemudian kelas VIII dan terakhir laporan dari wali kelas VII. 

Wali kelas secara bergantian menjelaskan tentang laporan akademik dan non akademik terkait peserta didik utamanya yang mengalami kendala dalam mengumpulkan tugas-tugas harian, kedisipinan siswa mengikuti kelas perwalian dan mata pelajaran serta kondisi psikologis peserta didik . Untuk mengatasi hal tersebut   komunikasi antar guru, wali kelas dengan BK sangat penting sehingga kendala-kendala tersebut dapat ditangani dengan baik dan peserta didik diberikan  program layanan yang sesuai dengan kebutuhannya.  Menurut ibu Titi Mirawati, M.Pd yang merupakan guru BK di SMP Islam Athirah 1 Makassar bahwa “ rapat koordinasi ini penting dilaksanakan karena seluruh wali kelas memaparkan kondisi siswanya yang mengalami baik dalam hal keungan,akademik, pribadi dan social, dari informasi ini sebagai guru BK kami mendapatkan informasi lebih banyak lagi dalam menangani masalah yang dialami siswa dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Sehingga wali kelas dan BK dapat bersinergi  dengan baik “. 

Diakhir Pertemuan inipula membahas tentang  persiapan  PTM terbatas yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan secara bertahap di Sekolah Islam Athirah, oleh karena itu beberapa agenda dan program telah direncanakan, dimana wali kelas diharapkan berperan untuk menjadi jembatan komunikasi dengan orang tua dalam menyiapkan peserta didik baik secara fisik ataupun mental untuk masuk sekolah kembali.

Laporan : Munira, S.Pd. (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)