Kegiatan

on 30 September 2022
  • Kegiatan
  • TK Kajaolalido

TK Islam Athirah 1 sukses melatih kepercayaan diri anak melalui kegiatan "Presentasi Diriku". Kegiatan tersebut diikuti seluruh anak TK yang berlangsung di Plaza TK  selama dua hari.  Kamis-Jumat, (29-30/9/2022) 

Kegiatan itu dikoordinatori oleh Ayu Hirjayati, S.Pd. Gr. Pada kegiatan presentasi akan dibagi dua sesi yaitu sesi pertama anak kelompok B pada hari Kamis dan sesi kedua anak kelompok (A dan KB) pada hari Jumat. 

Pada kegiatan tersebut anak-anak mengenakan berbagai macam kostum. Ada yang menggunakan kostum astronot, pengusaha dokter,  polisi, tentara, pilot suster, pemadam kebakaran, dan ada juga yang menggunakan kostum daerah yaitu baju bodo khas sulawesi selatan. 

Kepala TK Islam Athirah 1 Makassar Siti Khotijah, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan melalui kegiatan tersebut banyak hal yang dapat dipelajari oleh anak salah satunya anak dapat tampil dengan percaya diri. 

"Melalui kegiatan presentasi ini kita belajar banyak hal, yg pertama belajar berani, yang kedua belajar menghargai orang lain, ketiga belajar percaya diri dan yang terakhir belajar bersabar, tuturnya". 

Semangat anak didik TK Islam Athirah 1 terlihat saat satu persatu anak tampil presentasi, mulai dari mengenalkan nama lengkap, nama panggilan, hobby, cita-cita, nama orang tua, dan bahkan mereka mempresentasikan  diluar dari materi yang disampaikan sebagai bentuk mengekspresikan diri seperti pengalaman yang diketahui. 

Di hari ke dua kegiatan tidak kalah serunya karena diikuti oleh anak kelompok A dan anak kelompok bermain yang tampil dengan kostum cita-cita mereka. 

Pada kesempatan wawancara salah satu guru TK Islam Athirah 1, Ummi Ocha (sapaan akrabnya) menuturkan bahwa kegiatan presentasi tersebut merupakan proses belajar bagi anak. Belajar meyakinkan diri sendiri untuk bisa tampil di depan orang tua dan teman-teman. 

"Pada proses presentasi anak belajar mengolah diri, mengolah rasa takut, mengolah rasa cemas yang ditampakkan melalui gerak tubuh saat mereka tampil. Pada proses ini anak didik melewatinya dengan berbagai hal unik, lucu, menggemaskan yang mereka tampilkan melalui eskpresi wajah maupun gerak tubuh saat dipanggung. Berdiri didepan orang banyak adalah hal yang menantang bagi anak usia dini. Harapan guru TK Islam Athirah bahwa dengan adanya ajang ini semoga langkah awal untuk melatih mereka confidance saat menyampaikan sesuatu hal baik kepada orang lain maupun didepan orang banyak dalam satu kegiatan, ucapnya".

Kegiatan itu berakhir dengan pemberian hadiah berupa tropy sebagai bentuk apresiasi kepada semua anak didik yang telah tampil.

Citizen Reporter : Sri Rosa Handayani, S.Ag, M.Pd