Berita


  • Berita
  • /
  • SMA Boarding School Bukit Baruga
on 07 Juni 2021
  • Berita
  • SMA Boarding School Bukit Baruga

Boarding School Athirah Bukit Baruga telah melaksanakan ujian akhir semester (UAS) selam dua hari. Ujian kali ini diikuti sejumlah 163 siswa dari asrama putra dan putri yang di bagi menjadi dua room ujian, offline siswa yang berada di asrama dan online siswa yang tinggal di rumah masing-masing. 


Pelaksanaan ujian hari pertama bakda isya jum'at (4/6/21). Materi ujian ini diantaranya bahasa arab, hadist dan fiqih, yang tersusun sejumlah 20 soal dan waktu pengerjaan soal ujian selama 45 menit. Peserta di bagi dua tempat offline diasrama putra dan putri dan online via google form. Dalam ujian akhir semester ini, peserta sangat antusias mengerjakan soal tersebut. 

Ujian hari kedua sabtu, (5/6/21). Materi ujian kali ini adalah tahfidz dan tahsin. Adapun surah yang akan diujiankan sesuai kelas smp dan sma. Kelas VII smp dan X sma yaitu surah an-nabaa sampai abasa. Sedangkan kelas VIII dan XI surah at-takwir sampai surah al-mutoffifin. Semua siswa yang tergabung dalam room offline maupun online bersemangat dalam mengikuti ujian hari kedua ini.

Kepala Asrama Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Ustadz Ahmad Nafi Wellette, S.Pd.I. menjelaskan bahwa ujian akhir semester ini merupakan bahan evaluasi dari materi yang sudah di berikan kepada seluruh siswa asrama baik yang secara daring maupun luring. Selain itu menurut Ustadz Nafi ujian akhir semester yang dilakukan ini kelanjutan ujian awal semester tahun lalu dan ini adalah yang kedua kalinya asrama melakukannya.

"Sudah keharusan bagi siswa asrama, baik putra maupun putri untuk ikut dalam ujian akhir semester kali ini, semua materi yang pernah pembina berikan dari materi webinar kajian fiqih, bahasa Arab, hadist, tahfidz dan tahsin akan dievaluasi dengan diadakannya ujian akhir semester ini".

"Tak terlepas dari ujian awal semester lalu, kali ini kembali asrama melakukan ujian akhir semester, sudah semestinya asrama melakukan ujian, karena ini adalah program kurikulum asrama sebagai evaluasi akhir dari materi yang pernah di berikan kepada siswa".

Koordinator bidang kurikulum Ustadz Rahmat Nawir, S.Pd.,M.Pd mengatakan ujian akhir semester ini di majukan sebelum UAS di unit sekolah dilaksanakan. Selain itu Ia menambahkan bahwa semua kegiatan ujian akhir semester siswa diasrama bisa mengikuti ujian ini dengan baik, semoga siswa yang mengikuti bertambah keilmuan dalam beribadah dan beramal.

"Hal ini bertujuan agar siswa boarding yang juga sekaligus bahagian dari siswa unit sekolah dapat lebih fokus mengikuti ujian di unit tersebut".

"Alhamdulillah UAS yang telah berlangsung dapat berjalan dengan lancar dan saat ini sementara perampungan nilai hasil ujjan tersebut. Kami berharap dan berdoa agar melalui ikhtihar ini kami dapat mencetak generasi yang berwawasan Islam, taat beribadah dan berakhlak mulia".