Berita

on 15 September 2021
  • Berita
  • SD Kajaolalido

Sekolah Islam Athirah sudah lama menerapkan sistem informasi pendidikan secara digital. Program tersebut yaitu bernama aplikasi simdik. Simdik merupakan software aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Sekolah. Pengelolaan bisa dilakukan  pada aplikasi simdik dan juga operasional kegiatan belajar mengajar seperti data siswa, modul e-learning, KKM, kompetensi dasar, komponen penilaian, nilai rapor, nilai tugas harian, pengelolaan keuangan, sampai dengan pelaporan. Demi meningkatkan layanan data dan informasi Sekolah Islam Athirah menggelar workshop simdik untuk tata usaha dan admin unit. Terdapat dua orang guru beserta staf tata usaha SD Islam Athirah 1 Makassar yang diutus mengikuti workshop tersebut, Sabtu (11/9/2021)

Workshop yang berlangsung pukul 08.00 – 15.30 WITA ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 08.00 – 11.30 untuk staf tata usaha dan dilanjutkan dengan sesi dua pukul 13.15 – 15.30 untuk admin unit. Di workshop tersebut pemateri yang dihadirkan yaitu tim IT Sekolah Islam Athirah, Dedi, S.Kom., Mallorosang, S.Kom., Hadiwijaya Hadi, S.Kom.,M.Pd. dan juga tim IT Muamalat.

Saat dihubungi melalui Whatsapp, Arifuddin, S.Pd., admin unit yang juga merupakan guru olahraga SD Islam Athirah 1 Makassar menjelaskan tentang materi yang didapatkan saat mengikuti workshop. “Materi yang didapatkan berupa fitur baru di simdik seperti  E-keuangan, presensi, online exam, assignmet,  alur tanggung jawab kerja simdik, bergabung di group trello.com, data collaboration with Google Drive, dan ada juga Q and A Virtual Account dengan pihak IT Muamalat,” tambahnya. Ia juga menambahkan bahwa workshop ini diadakan untuk sosialisasi kepada seluruh admin unit dan staf tata usaha agar admin bisa lebih memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang ada di simdik dan nantinya rekan-rekan guru akan mendapatkan bimbingan khusus dari admin dan tim simdik manajemen Sekolah Islam Athirah.

Penulis : Syahriyanti (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)