Kegiatan

on 25 Oktober 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Makassar. SMP Islam Athirah 1 Makassar hari ini memulai Pertemuan Tatap Muka (PTM) Terbatas, Senin (25/10/2021). Pelaksanaan PTM terbatas ini diikuti oleh siswa yang telah mendapatkan izin orang tua/wali  yang dibuktikan dengan surat persetujuan bermaterai. Guru dan siswa yang mengikuti PTMT terlebih dahulu melakukan tes antigen dari Dinas Kesehatan Kota Makassar. Peserta didik yang mengikitu PTMT di sekolah mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan oleh SMP Islam Athirah 1 Makassar  yakni Masa Transisi dan Masa adaptasi Kebiasaan Baru. Protokol kesehataan di hari pertama PTM Terbatas ini tetap diterapkan yakni pengukuran suhu badan, mencuci tangan, penggunaan masker, menjaga jarak ,dan penggunaan hand sanitizer. Jumlah siswa perkelas yang mengikuti PTM Terbatas yang dimulai hari ini adalah maximal 16 siswa.

Antusias siswa mengikuti PTM Terbatas ini terlihat dari pemandangan siswa yang berbondong-bondong memasuki gerbang sekolah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan semangat yang menyala-nyala mereka duduk mengantri giliran untuk tes antigen dan selanjutnya menuju kelas untuk mengikuti pelajaran sesuai roster yang akan mereka pelajari hari ini.

Menurut Andi Nunung Ikhdiana, S.Pd., yang mengajar pelajaran Bahasa Inggris di kelas IX, menyampaikan rasa syukur Alhamdulillah karena PTM Terbatas di hari pertama ini siswa sangat antusias dan bahagia serta bersemangat. Mereka dengan sabar menunggu untuk di swab antigen. Mereka pun tetap berkomunikasi  dengan temannya yang lama tak bertatap muka dengan tetap menjaga jarak dan tetap memakai masker. Guru-guru pun sangat bahagia bisa beraktifitas mengajar dengan dua versi yaitu menghadapi anak yang online di rumah dan yang offline di sekolah. Dengan alat yang sangat memadai yang telah dipersiapkan oleh sekolah, maka proses belajar-mengajar dapat berjalan lancar.

“Kami memadukan interaksi pembelajaran  via online dan offline yang belajar di sekolah. Para siswa penuh semangat mengikuti pembelajaran. Semoga PTM Terbatas ini berjalan dengan keadaan sehat dan bahagia, sehingga proses tatap muka untuk semua siswa bisa dimulai setelah PTM Terbatas ini berlangsung.” Harapnya

Senada dari guru IPA Rini Budiarti,S.Pd.,M.Pd., juga menyampaikan pendapatnya bahwa PTM Terbatas ini sangat menyenangkan karena sudah lama  dinanti-nanti oleh guru dan siswa. Siswa begitu bahagia dan bersemangat mengikuti belajar offline. Ustas Andi Hasanuddin,Lc.  selaku guru agama pun menyampaikan bahwa pembelajaran hari ini berjalan lancar. Para siswa begitu antusias mengikuti pembelajaran offline di hari pertama yang sudah lama mereka rindukan.

“Pembelajaran hari ini berjalan lancar dengan komunikasi  pembelajaran di kelas berlangsung dengan dua arah secara atraktif. Fasilitas mengajar sudah memadai karena dilengkapi dengan kelas hybrid sehingga guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan aman dan lancar. Dan di akhir pembelajaran siswa pun pulang dengan tertib bersama jemputan orang tua.” ujar  Munira S.Pd.

Farabina Queencyla  sebagai ketua OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar menyampaikan syukur Alhamdulillah PTM Terbatas ini bisa dimulai hari ini. Rasa senang dan bahagia karena bisa bertemu lagi dengan teman-teman dan para guru.

“Semoga Pertemuan Tatap Muka Terbatas ini akan terus berlanjut. Protokol kesehatan semoga tetap terlaksana dan menjadi perhatian teman-teman dan guru kami tercinta. Menjaga jarak , memakai masker, mengecek suhu tubuh, dan mencuci tangan semoga tidak terabaikan agar Pertemuan Tatap Muka Terbatas ini bisa terlaksana dengan lancar dan aman. Sehingga untuk selanjutnya kegiatan Tatap Muka di SMP Islam Athirah 1 bisa berjalan seperti dulu lagi.” ungkapnya 

Laporan : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)