Kegiatan

on 23 September 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Rajwa Salsabila Suntoro siswa SMP Islam Athirah 1 Makassar dari kelas VIII.3 Ar-Raghib yang namanya tidak asing bagi siswa Athirah. Umurnya saat ini 13 tahun. Gadis kelahiran Makassar, 9 Agustus 2008 ini, mengawali dunia literasi sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Kesukaanya akan menulis mengantarkan Rajwa menjadi penulis terbaik dua pada Kelas Pena Anak (KPA) dengan antalogi yang berjudul Wonderful Journeys.

Sejak kelas 2 SD, Rajwa sudah menyukai menulis dan membaca. Kecintaanya pada dunia menulis dan membaca, mengantarkan Rajwa terpilih menjadi duta literasi di SD Islam Athirah 1 Makassar. Namun prestasinya itu belum terpikirkan untuk mengikuti seleksi naskah atau lomba-lomba kepenulisan. Di SMP kelas VII, Rajwa mulai mencoba menulis cerita pendek. Lalu mencoba mengikuti seleksi naskah yang diselenggarakan oleh Nubarin dan naskahnya lolos untuk diterbitkan. Aku Ceria, itulah buku pertamanya. Mulai dari sana, Rajwa mulai menulis banyak cerpen. Kelas VII akhir semester, Rajwa bergabung dalam kelas literasi dan bersama teman-temannya yang lain bergabung mengikuti KPA Batch 20. Disinilah buku keduanya terbit. Wonderful Journeys, itulah judulnya. Dan di kelas KPA juga Rajwa menjadi penulis terbaik kedua di KPA Batch 20.

Selain berbakat dan berprestasi dalam menulis, Rajwa pun tidak ketinggalan keinginannya untuk menjadi hafidz qur’an. Di sela-sela kesibukannya belajar, Al-Qur’an tetap menjadi nomor satu dalam kehidupannya. Menghafalkan ayat-ayat Allah adalah rutinitasnya setiap hari. Murojaah dengan target yang sudah dijadwalkan menjadi sebuah keharusan buat Rajwa untuk bisa menghafal juz demi juz kalam Ilahi.

Duduk di kelas 3 SD, dia mengikuti khataman dan imtihan tartil angkatan ke-3 di SD Islam Athirah 1 Makassar dan terpilih menjadi siswa dengan tartil terbaik. Di kelas 4, kembali mengikuti khataman dan imtihan juz 30. Naik 1 level lagi Rajwa mengikuti  khataman dan imtihan juz 29. Dan Alhamdulillah sekarang telah menghafal 4 juz Al-Qur`an.

Meski sibuk dengan tugas sekolah, Rajwa tidak pernah melupakan murojaahnya untuk konsisten menjaga hafalannya. Harapannya untuk bisa mempersembahkan mahkota kelak kepada kedua orang tuanya semoga bisa terwujud. Berprestasi di segala bidang adalah cita-citanya. Namun menjadi hafidz qur’an adalah harapan dan do’a ayah bundanya untuk bisa diwujudkan.

 

Penulis : Hasniwati Ajis (TIM Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)