Berita

on 09 Januari 2019
  • Message of the Director

SRI ROSA HANDAYANI, S.Ag, M.Pd

Judul Buku : 52 Changes 

By Leo Babauta

Dalam Buku ini mengurai tentang prinsip-prinsip yang dilakukan untuk sebuah perubahan pada diri dengan batas waktu satu pecan, antara lain :

? Meditasi diartikan sebagai kesadaran diri yang muncul dalam kehidupan sehari-hari tentang tubuh, pikiran dan reaksi emosional dan reaksi saat berinteraksi dengan orang disekeliling. 

- Meditasi bisa dilakukan dalam waktu 2 menit sehari

- Pilih waktu dan pemicunya

- Menemukan tempat yang tenang sambil duduk dengan nyaman

- Fokus pada nafas.

? Tidak menunda-nunda dalam hal pekerjaan yang selayaknya bisa diselesaikan pada waktu tersebut, tidak diselesaikan karena beralih perhatian kepada hal-hal yang tidak penting, misalnya; melihat medsos, dll. Kenapa menunda melakukan pekerjaan?karena terkadang apa yang harus diselesaikan membuat kita tidak nyaman, sulit, tidak diketahui, sehingga melewati zona nyaman. Adapun triknya;

- Sisihkan waktu setiap hari untuk tidak menunda-nunda, mulai 5 menit pada hari 1 dan 2. Kemudian 10 menit pada hari ke 3-7. Setel diwaktu spesifik misalnya pukul 09.00

- Memilih tugas yang paling penting untuk dipilih dan gunakan waktu 10 menit pertama

- Bersihkan gangguan : maksudnya ; nonaktifkan hp atau matikan internet

- Fokus pada waktu memulai dan berfikir bahwa tidak ada yang lebih penting saat ini kecuali menyelesaikan tugas ini.

- Mengulangi langkah tersebut sebanyak yang dibutuhkan

- Menikmati proses

? Berpikir luwes adalah cara untuk membuka diri kepada apa saja. Menyukai perubahan, siap menghadapi situasi apapun. Pikiran yang tidak fleksibel akan menyebabkan frustasi, rasa jengkel, amarah, kesedihan. Berikut ini triknya

- Buat komitmen selama sepekan, untuk melepas apa yang dipegang saat kesal, frustasi, sedih, dll

- Buat daftar yang berisi hal-hal yang memicu emosi-emosi terganggu

- Mengingat kapan kejadian pemicu itu berlangsung, missal kertas catatan atau sesuatu yang ditulis ditangan

- Saat pemicu terjadi maka beristirahat, rasakan tanpa bertindak, Tarik nafas dalam-dalam

- Bersikap terbuka pada hal-hal yang jadi fantasi pada pikiran.

? Kenal Hal-ihwal pokok pada diri. Mengenal apa yang penting untuk diri, menghilangkan perkara yang dapat mengalihkan perhatian.