• Pengurus OSIS, MPK dan Pramuka SMP Athirah Bukit Baruga Periode 2019 - 2020

  • Bakti Sosial, warnai kegiatan AJR SMP Islam Bukit Baruga

  • Indahnya berbagi, Menjelang Ramadhan Keluarga Besar SMP

    Islam Athirah Bukit Baruga mengadakan Bakti sosial

  • Keren, Bangkitkan Kreativitas dimasa Pandemi SMP Islam

    Athirah Bukit Baruga Gelar AKSI BUMI 2021 Tingkat

  • KEGAGALAN

  • By SMP Bukit Baruga on 23 April 2021
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Siswa SMP Islam athirah Bukit baruga isi ramadhan dengan kegiatan Athirah Jelajah Ramadhan-AJR 1442H  secara virtual. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dan diikuti oleh siswa kelas VII dan VIII (19-23/4/2021). Rangkaian kegiatan Athirah Jelajah ramadhan diantaranya di isi dengan pemberian materi remaja terkait Tema Sadar sholat dan lomba-lomba yaitu Da’i daiyah, Lomba rangking 1, lomba poster, lomba vloging ngabuburit, lomba nasyid, dan lomba MTQ selain itu juga diadakan bakti sosial dan pembagian Takjil.

    Pada hari pertama kegiatan AJR dibuka secara resmi oleh wakil direktur Sekolah Islam Athirah wilayah Baruga Drs. Patris Hasanuddin, M.Pd yang diikuti oleh peserta dari SD, SMP dan SMA Athirah baruga, selanjutnya diisi dengan materi yang sangat keren oleh Dr. H Umar Makka, Lc dengan materi Kunci sukses dunia akhirat setelah materi ini berakhir kegiatan Athirah jelajah ramadhan dilanjut di unit masing-masing.

    Selama Kegiatan AJR ini  seluruh siswa antusias mengikuti agenda, kegiatan dikemas menarik agar siswa tidak bosan. Agenda kegiatan dalam sehari diisi dengan pemberian materi dilanjutkan dengan lomba-lomba yang bertujuan untuk membangkitkan semangat  siswa. Tujuan kegiatan AJR ini untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa siswa/siswi sekolah islam athirah, meningkatkan pengetahuan tentang rukun islam khususnya sholat dan puasa di bulan ramadhan, memupuk rasa kepedulian sosial dengan ikut berpartisipai dalam bakti sosial serta menambah pengalaman, kecakapan dan keterampilan yang berguna bagi agama, sekolah, dan masyarakat.

    Diakhir kegiatan dengan acara penutupan pengumuman lomba selama kegiatan AJR berlangsung. Mulai dari lomba Dai daiyah yang dimenangkan oleh A.Karmalie Siswa kelas VIII-5, Lomba MTQ dimenangkan oleh Muh Muqiit B.Bossa siswa kelas VII-1, Lomba Rangking 1 dimenangkan oleh A. Nurul Aabidah siswa kelas VIII-4, Lomba nasyid dimenangkan oleh Nurul Masyita siswa kelas VIII-4, lomba vlog ngabuburit bersama keluarga dimenangkan oleh Nur syamsiyah rijal siswa kelas VIII-3, dan terakhir lomba poster dengan tema sadar shalat dimenangkan oleh hazzizie siswa kelas VIII-4.

    Musdalifah, S.E Wakasek kurikulum SMP Islam Athirah Bukit Baruga dalam sambutannya mengatakan bahwa AJR mungkin telah berakhir namun semangat kita untuk mengejar keridhaan Allah di bulan suci ramadhan ini Tdk boleh surut. AJR mungkin telah berakhir namun Insya Allah malaikat-malaikat Allah telah mencatat hiruk pikuk kita menuntut ilmu meskipun dalam kondisi daring. Athirah Jelajah Ramadhan tahun ini mungkin telah berakhir tapi insya Allah benih-benih kebaikannya akan terus tumbuh hingga Ramadhan selanjutnya.

    Dihari terakhir pelaksanaan kegiatan Athirah jelajah ramadhan Pengurus OSIS dan  MPK  melaksanakan kegiatan bakti sosial dan berbagi ta’jil disepanjang jalan antang. Kegiatan bakti sosial ini dengan menyalurkan 161 Paket sembako di berbagai daerah di makassar dengan rute pembagian sembako Kampung baru/TPA, Rute daya, rute borong/batua. Rute tambahan yaitu bonto duri yang baru-baru ini terdampak musibah kebakaran dengan memberikan santunan kepada keluarga berupa uang tunai dan juga paket sembako.

    Sangat seru, banyak manfaat yang saya dapatkan juga banyak pelajaran dan pengalaman setelah kegiatan baksos kemarin yaitu kami dapat lebih menghargai semua yang kami miliki dan diberikan oleh Allah dan tentunya lebih banyak bersyukur karena masih banyak orang diluar sana yang masih kekurangan dan belum mempunyai rezeki untuk membeli apa yang mereka inginkan. Kegiatan AJR ini merupakan pengamalan karakter islami yang kami dapat di sekolah islam Athirah, tutur A Nurul Aabidah selaku ketua panitia Bakti sosial.

    Sri Mulyati, S.Pd

    By SMP Bukit Baruga on 13 April 2021
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan


    Jelang Ramadhan, bulan penuh berkah dan ampunan segenap guru SMP Islam Athirah Bukit Baruga mengadakan Bakti sosial atau lebih dikenal dengan baksos di Jl. Rappokalling, Makassar. Dengan menyalurkan sembako dan pakaian layak pakai untuk 28 kepada keluarga. 

    Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menjadi syiar dakwah bagi sekolah Athirah, tidak hanya memiliki nama yang besar namun juga tentunya sekolah Athirah harum di masyarakat. Bakti sosial ini merupakan wujud dari kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama. Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merekatkan rasa kekerabatan kita terhadap orang lain.

    Walau tidak seberapa namun keluarga yang menerima bantuan sangat antusias dan sangat senang menerima sembako dari guru-guru SMP Athirah Baruga, saat membawa sembako ini ke lorong jalan menuju rumah pak jamal terdengar bisikan warga yang duduk didepan rumah “dari sekolah athirah itu mauki dibagikan sembako”  sambil tersenyum. 

    Ini menjadi bukti bahwa sekolah Athirah telah menjadi ikon dalam kegiatan sosial dimasyarakat. Terlebih dibulan ramadhan ini adalah bulan yang penuh amal kebaikan bagi sesama. Bagi setiap muslim yang menjalankan ibadah atau amalan di bulan Ramadhan, akan mendapat ganjaran berlipat ganda. Salah satu amalan yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan adalah bersedekah. "Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan." (HR At-Tirmidzi dari Anas).

    Salah satu guru SMP Islam Athirah Bukit baruga, Nurhafsari, S.Pd menyampaikan bahwa dalam situasi masih pandemi seperti saat ini tentunya masih ada saudara-saudara kita yang masih butuh uluran tangan, apalagi untuk persiapan menyambut bulan penuh berkah ini, berbekal alasan tersebut, maka salah satu kelompok sosial SMP Islam Athirah Bukit Baruga turut meringankan sedikit beban saudara-saudari sesama muslim yang bermukim di sekitar rumah Rekan Kerja kami, Pak Jamal. Dengan memberikan sembako, harapannya dengan kegiatan ini  bisa membantu untuk persiapan menyambut Bulan Penuh Berkah ini.

    Semoga kegiatan ini akan terus ditingkatkan lagi untuk bulan-bulan selanjutnya, setidaknya  dengan menyisihkan sebagian rejeki kita bisa berbagi kepada mereka yang masih butuh uluran tangan khususnya di bulan penuh berkah ini, dimana semua amal dilipatgandakan. Untuk itu  marilah kita berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan/ fastabiqul khoirat semata-mata hanya untuk mengharap Keridhoan Allah Subhanahu wa ta’ala.


    Sri Mulyati

    By SMP Bukit Baruga on 11 April 2021
    • SMP Bukit Baruga
    • Berita


    SMP Islam Athirah Bukit Baruga baru-baru ini menggelar ajang kompetisi tingkat Sekolah Dasar yang bertajuk AKSI BUMI-Ajang Kreasi Budaya dan Islami. Kegiatan yang diselenggarakan selama 4 hari ini dimulai tanggal 5 April hingga 8 April dengan tema Bura'ne – Budaya Remaja Warisan Leluhur yang dipadukan dengan lomba bernuansa Islami. Adapun jenis lomba yang diselenggarakan adalah Lomba MTQ, Tiktok sambung ayat, Rangking 1 PAI, Foto Pesona Cagar Budaya, Brain Games, Vlog Cagar Budaya dan Cerita Rakyat, tidak ketinggalan pula satu jenis lomba yang diperuntukkan khusus untuk guru yaitu Lomba Video Inofasi pembelajaran Kreatif. Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual ini selain dari Makassar juga diikuti oleh 23 sekolah dari beberapa propinsi di Indonesia,   diantaranya dari SD Khairunnas Surabaya Provinsi Jawa Timur, SDN 013 Balikpapan Timur provinsi Kalimantan  Timur, SD Muhammadiyah 01 Kukusan Kota Depok provinsi Jawa Barat, SD Muhammadiyah Gresik provinsi Jawa Timur, SD At-Taufiq Provinsi Jambi, SDN 08 Botung Busuk provinsi Sumatera Barat,  SDN No.5 Pangali-ali Maje'ne Provinsi Sulawesi Barat, SDIT Azkiya Provinsi Aceh, SD-RB Ruhama Bali, SD Citra Islami Provinsi Banten, SDN Kebon Baru IV Cirebon Provinsi Jawa Barat, SDN I Ampel Provinsi Jawa Tengah juga beberapa sekolah dari kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan seperti Soppeng, Bone, Bulukumba, Pangkep dan Sorowako.

    Selain lomba eksternal terdapat pula jenis lomba yang tidak kalah menariknya khusus untuk siswa SMP Athirah Baruga, diantaranya lomba video Yuk Ke Athirah, Lomba Senam Athirah, Video Kisah PJJ-ku, lomba pakaian adat Nusantara, lomba menyanyi lagu daerah, lomba membaca dan menulis Bahasa Arab, dan juga lomba diperuntukkan untuk orangtua siswa. Meskipun dilaksanakan secara virtual tidak mengurangi antusias siswa mengikuti kegiatan ini. Mereka berlomba-lomba mempersempahkan penampilan terbaik untuk kelas masing-masing.

    Pembukaan yang dilaksanakan secara virtual melalui live streaming di Channel youtube Athirah TV tayang secara Spektakular dengan penataan panggung virtual berhasil memukau  penonton terbukti dengan jumlah tayang mencapai 1,7ribu kali ditonton. Tampil sebagai bintang tamu, Daeng Serang Dakko seorang Maestro Gendang Makassar dan Arief Rahman Daeng Rate yang menampilkan Sinrilik dan Tradisi Lisan. Pada kesempatan ini hadir memberi sambutan Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril, ST., MM juga Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini. 

    Ketua panitia,  Muhammad Akbar Kadir, S.Pd  mengatakan bahwa "AKSI BUMI ini bukanlah  event yang baru ini adalah kegiatan SBC yang merupakan program tahunan sebagai ajang lomba untuk siswa tingkat SD se kota Makassar, namun karena kondisi pandemi sehingga tahun ini digelar secara virtual dengan tajuk berbeda. Namun ada hikmah dari pandemi ini,  kami dapat menyelenggarakan kegiatan ini secara nasional. Alhamdulillah 23 sekolah dasar dari berbagai propinsi berpartisipasi pada kegiatan ini" ucapnya.

    Tampil sebagai juara masing-masing yaitu untuk lomba MTQ Juara 1 dari SD At Taufiq Jambi, Juara 2 SD Khairunnas Surabaya dan Juara 3 dari SD Islam Athirah Bukit Baruga, untuk lomba Tiktok sambung ayat Juara 1 diperoleh oleh SD YPS Lawewu Soroako, Juara 2 SD Inpres Perumnas Antang 3 dan Juara 3 dari SDN 013 Balikpapan Timur,  selanjutnya untuk lomba Rangking 1 PAI tampil sebagai juara pertama dari SD Citra Permata Islami Banten, Juara 2 dan 3 diboyong oleh MI Ibadur Rahman Unra Bone. Sedangkan untuk lomba Foto Pesona Cagar Budaya juara 1 diperoleh oleh Inpres Perumnas Antang 3, Juara 2 SD Inpres Unggulan BTN Pemda dan juara 3 SD Islam Athirah Bukit Baruga. Selanjutnya untuk lomba Brain Games juara 1 dari SD Muhammadiyah Kompleks Gresik Jawa Timur, Juara 2 SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa Sulawesi Tengah dan Juara 3 kembali diraih oleh SD Muhammadiyah Kompleks Gresik Jawa Timur. Untuk Lomba Vlog Cagar Budaya tampil sebagai pemenang tuan rumah SD Islam Athirah Bukit Baruga, disusul juara 2 dari SD Inpres Perumnas Antang 3 dan juara 3 dari SD Muhammadiyah Kompleks Gresik Jawa Timur. Dan untuk lomba Cerita Rakyat juara 1 dari SDN 135 Salebbo Mario Soppeng, Juara 2 SD Negeri Bayang dan Juara 3 dari SDN Pangali Ali Majene Sulawesi Barat. Dan terakhir Lomba Video Inofasi pembelajaran Kreatif jatuh sebagai juara pertama dari SD Muhammadiyah Gresik Jawa Timur, Juara 2 dari SD Inpres Perumnas Antang 3 dan juara 3 dari SD Islam Athriah Bukit Baruga.

    Harapannya semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memacu kreatifitas anak bangsa, dan meningkatkan jiwa kompetisi dikalangan siswa sekaligus memperkenalkan SMP Islam Athirah Bukit Baruga kepada seluruh masyarakat disamping itu kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi siswa seluruh Indonesia.

    Isma

    By SMP Bukit Baruga on 31 Maret 2021
    • SMP Bukit Baruga
    • Kegiatan

    Pernahkah anda merasa gagal? Kalau saya “Iya” saya pernah gagal mencapai target yang sudah saya susun dengan matang, saya pernah gagal ketika memulai untuk menulis, saya gagal ketika terlalu berharap kepada manusia, saya pernah gagal membangun kepercayaan diri, saya pernah gagal untuk tetap kuat disetiap kondisi, lalu apakah saya menyerah? Jawabannya adalah “Tidak” karena saya yakin kegagalan saat berjuang itu adalah hal wajar, kegagalan mengejar impian sungguh tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kegagalan karena tidak memutuskan apa-apa.

    Saya selalu berusaha memberikan sugesti kepada diri saya bahwa tidak pernah ada kata terlambat, tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadikan hari ini adalah hari terbaik dalam hidup saya, tidak ada kata terlambat untuk menjadikan diri saya lebih positif dari sebelumnya, tidak ada kata terlambat untuk bangkit dan menjadi orang diatas rata-rata, tidak ada kata terlambat untuk menemukan hal-hal baru dan bertumbuh menjadi pemenang.

    Kebanyakan dari kita tidak berubah karena tidak memiliki keberanian, karena kita takut melakukan sesuatu yang tidak kita ketahui, bukankah tidak ada kehidupan baru ketika kita tidak berani menghadapi tantangan baru?, kita harus berani menghadapai ketakutan karena ketakutan itu hanyalah sementara sementara penyesalan itu selamanya, harusnya kita lebih takut jika tahun depan masih sama saja dengan tahun ini, kita harus berubah karena mereka yang tidak mau berteman dengan perubahan akan mati tergilas zaman, jikapun kita gagal maka bangkitlah! Gagal lagi maka bangkitlah lagi, hidup ini ibarat orang yang mengayuh sepeda jika kita berhenti untuk bergerak maka tunggulah saatnya kita akan terjatuh.

    Kesuksesan besar berawal dari langkah-langkah kecil yang dilakukan secara konsisten, teruslah menulis dengan tulisan jelekmu dan jangan pernah malu karenanya, karena tulisan yang bagus adalah atas izin Allah dan hanyalah hadiah dari kebiasaan, tidak ada yang akan membuat impian kita menjadi kenyataan kecuali diri kita sendiri, itulah sebabnya kita harus kuat, kita tidak boleh menyerah dalam berjuang, apapun yang terjadi hadapilah dan jangan pernah keluar dari pertempuran, kita harus yakin bahwa setelah hujan akan datang pelangi, setelah badai, matahari pasti akan bersinar bersabarlah menunggu awan-awan badai itu berlalu. Bukankah prajurit-prajurit terbaik memang selalu dikirim ke pertempuran terberat.

    Ketika kegagalan menyapa maka jangan menyisakan ruang untuk menyerah, kelak diujung perjuangan semua orang akan bertepuk tangan saat kita meraih kesuksesan dan kemenangan, untuk itu saya dan kita semua tidak boleh menyerah, demi tujuan dan impian, kita harus bisa mengalahkan ketakutan dan itu insya Allah dimulai hari ini.

    Terdengar sangat mudah namun pada kenyataannya butuh tekad yang kuat, dan semangat yang tinggi, mari menyemangati diri kita masing-masing untuk terus belajar, untuk terus memperbaiki diri, dan untuk terus bangkit ketika terjatuh. Karena kita semua telah Allah takdirkan sebagai pemenang.


    Musdalifah,S.E.

Agenda 2