Kegiatan


  • Kegiatan
  • /
  • SMA Boarding School Bukit Baruga
on 27 Juli 2020
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bukit Baruga

Tahun ajaran baru 2020/2021 telah di mulai, Boarding School Athirah Bukit Baruga tetap  melaksanakan program yang sudah disiapkan,.salah satu program unggulan boarding adalah program tahajjud.

Apa yang terpikir di benak anda dengan kata "TAHAJJUD"?. Mungkin yang terbayang adalah sulit atau bahkan susah, hal tersebut bisa saja terjadi karena kita belum paham akan keutamaan shalat tahajjud dan kemungkinan buruknya adalah kita malas untuk mencari tahu.

Di boarding school athirah bukit baruga, shalat tahajjud merupakan salah satu program unggulan. Setiap dini hari pukul 03:30 atau 04:00 siswa-siswi di bangunkan untuk shalat tahajjud. Meskipun masih ada beberapa siswa yang belum bangun dan dan masih bermalas malasan,  para pembina senantiasa terus mengontrol, membimbing, dan  memotivasi siswa-siswi agar sadar shalat serta mampu melaksanakan ibadah sunnah lainnya.

Di tengah pandemi seperti sekarang ini hal yang sangat kami rindukan adalah shalat tahajjud bersama dengan siswa siswi boarding athirah baruga. Suara pembina ketika membangunkan, suara siswa yang ditugaskan imam sholat, sampai suara khas panggilan kepada siswa yang belum juga datang ke mushollah adalah kesan yang tak terlupakan.

Alhamdulillah program tahajjud ini masih terus berjalan meskipun pengontrolan dilakukan melalui WFH. Setiap pembina menghubungi via telepon kepada seluruh siswa untuk bergegas mendirikan shalat tahajjud sesuai jam yang di sepakati oleh anak binaan masing-masing. Alhamdulillah beberapa siswa telah memiliki kesadaran shalat yang sudah baik,  bahkan terlebih dahulu bangun dan ikut serta membangunkan teman-temannya untuk shalat tahajjud.

 

Mari kita merefresh keilmuan kita kembali tentang keutamaan shalat tahajjud. Salah satu keutamaan shalat tahajjud adalah DOA KITA AKAN DI KABULKAN DAN DOSA AKAN DI HAPUSKAN.

Rasulullah SAW bersabda;

Rabb kita tabaraka wata'ala turun setiap malam kelangit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Alllah berfirman; barang siapa memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya, barang siapa yang bermohon sesuatu kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya, dan barang siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku akan mengabulkannya.

(HR.BUKHARI).

 

Alhamdulillah kita sudah berada di bulan dzulhijjah tak terasa sudah 2 bulan lebih kita tinggalkan bulan ramadhan.Bulan dzulhijjah salah satu bulan haram yang di muliakan oleh allah swt.dan allah sangat menyukai orang yang beribadah di bulan ini khususnya 10 hari pertama.Rasulullah SAW bersab"Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini." Hadis ini menunjukkan keistimewaan awal Dzulhijjah. Hal itu bisa diraih dengan memberbanyak ibadah. (Hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Ibnu Abbas RA). Banayak ibadah dan amalan yang bisa kita lakukan di bulan dzulhijjah.seperti haji,puasa sunnah,berqurban,dan amalan sunnah lainnya.

Akan tetapi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya . Karna covid 19 masih mewabah di berbagai tempat dan di daerah sehingga kita masih terus waspada dan menjalankan protokeler kesehatan ketika kita beraktifitas di luar rumah. Tapi hal ini janganlah membuat kita patah semangat beribadah di bulan dzulhijjah, justru kita manfaatkan momen  ini dengan memperbanyak istigfar, memohon ampun dan berdoa kepada ALLAH AZZA WAJALLAH khususnya di hari hari yang allah cintai ini. agar kita terhindar dari wabah ini dan semoga wabah ini segara hilang. Dan kita bisa berkumpul kembali di asrama kita tercinta boarding athirah bukit baruga.

 

Dan momen terbaik untuk kita beristigfar memohon ampun dan berdoa adalah di sepertiga malam terakhir yaitu di tahajjud tahajjud kita. Maka dari itu mari kita hidupkan bulan dzulhijjah dengan memperbanyak amalan, dan berprasangka baiklah bahwa apa yang kita alami pada saat ini, itulah yang terbaik di mata Allah SWT.

 

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu me-nyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Al-Baqarah: 216).

 

Wahyudin Agustia

25 Juli 2020