Kegiatan

on 17 Juli 2020
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

SD Islam Athirah 1 Makassar menggelar webinar bertajuk  “Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah yang Efektif dan Membahagiakan”, Kamis (16/07/2020). Seminar secara online (webinar) itu disiarkan langsung di channel youtube Athirah TV dan menampilkan lima kepala TK handal di kota Makassar sebagai pembicara. Adapun pembicaranya yaitu Nurhayati, S.Pd (Kepala TK Makassar Montessori), Zusanna Syarid, S.Pd (Kepala TK Negeri Pembina), Dra. Roslawati Hafid (Kepala TK Amalia, Wahyuni (Kepala TK Adalia, dan Siti Khotijah, S.Pd (Kepala TK Islam Athirah 1 Makassar. Adapun moderatornya adalah Syahriyanti, S.Pd.,M.Pd. yang dikenal sebagai guru SD Islam Athirah 1 Makassar.

“Webinar ini diharapkan bisa bermanfaat khususnya bagi seluruh orangtua murid yang bertugas untuk mengurus dan mendidik anak-anak di masa pandemik ini. Beliau juga mengatakan webinar ini merupakan salah satu bentuk layanan terbaik sekolah yang diberikan kepada orangtua untuk mengedukasi orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah,” kata Khasan saat memberi sambutan acara.

Syahriyanti selaku moderator juga mengatakan seminar ini sangat diperlukan bagi orang tua yang pada saat ini tugasnya bertambah berat. Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  yang mewajibkan anak-anak belajar dan beribadah di rumah membuat orang tua mau tidak mau harus ikut mendidik anak. “Belum lagi suami yang biasanya lebih banyak menghabiskan waktu dengan bekerja di kantor hari ini harus tetap fokus bekerja di rumah,” ujarnya.

Dalam menghadapi permasalahan di rumah terkadang orangtua merasa tidak sabar dan stres dalam mendampingi anak belajar di rumah. Webinar ini banyak membahas tentang tips mendampingi anak belajar di rumah yang efektif dan membahagiakan.

Nurhayati, Kepala TK Makassar Montessori mengatakan banyak hal yang orangtua bisa lakukan di rumah agar pembelajaran lebih menyenangkan diantaranya orangtua harus menciptakan suasana yang nyaman, aman dan jauh dari suara bising, orangtua bisa memciptakan ide-ide kreatif seperti pemanfaatan barang yang ada di dapur sebagai media belajar anak. Selain itu, Zusanna Syarid mengatakan bahwa orangtua dan anak harus sama-sama terlibat mengatur jadwal, konsisten dengan jadwal yang dibuat, memberikan relaksasi dan waktu istirahat untuk anak dan yang terpenting adalah orangtua harus memiliki mood yang baik sebelum mendampingi anak belajar. Pada akhir sesi webinar, Siti Khotijah menyampaikan bahwa orangtua dan pihak sekolah harus membangun komunikasi positif dan bersinergi satu sama lain demi terwujudnya pembelajaran efektif dan membahagiakan untuk anak. “ISI, ikhtiar, sabar, dan ikhlas, tetap semangat dan mari membangun hubungan positif dengan anak, paparnya”.

Penulis : Syahriyanti