Kegiatan

on 16 November 2022
  • Kegiatan
  • SMP Bukit Baruga

Sebagai sekolah penggerak, SMP  Islam Athirah Bukit Baruga menerapkan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Tema yang diusung pada semester ini yaitu Suara Demokrasi. 

Di awal tahun pelajaran, penetapan tema Suara Demokrasi telah dipilih dalam rapat program kerja sekolah. Dengan dihadirkannya projek yang berpihak dan berpusat kepada siswa ini menjadi hal positif.  Menariknya pendidikan turut difokuskan pada P5 yaitu projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Projek suara demokrasi turut disambut baik oleh seluruh warga sekolah karena dapat melatih siswa dalam menyuarakan pendapat, menghadapi perbedaan dan mengambilan keputusan.

Selain itu projek ini mempunyai tujuan membangun nilai saling menghormati, toleransi, dan setiap orang mempunyai hak dan kebebasan untuk berpendapat

Ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya pada pemilihan pengurus OSIS karena tahun ini pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS benar-benar digelar layaknya seperti Pemilihan Umum.

Projek Suara Demokrasi ini meliputi beberapa tahapan dibagi menjadi tiga tahapan yaiu persiapan dan sosialisasi, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi atau asesmen.

Selain kegiatan aksi, di kelas-kelas diadakan diskusi kelompok serta pengerjaan modul disertai penugasan mind mapping. Kreativitas setiap kelompok sangat nampak dalam aktivitas tersebut. Bukan sekadar mengerjakan modul namun ada dimensi karakter yang akan dicapai yaitu profil pelajar Pancasila diantaranya beriman dan bertakwa, gotong royong, serta  bernalar kritis.

Pada tahapan pelaksanaan, kegiatan dimulai dengan pengenalan materi berdemokrasi dengan mengadakan dialog demokrasi. Dialog demokrasi menghadirkan Ketua Bawaslu, Ketua KPU Kota Makassar dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel. 

Selain itu, pada tahapan berikutnya dilaksanakan Pelantikan Ketua KPO dan Ketua Bawaslu sebagai wujud implementasi berdemokrasi secara nyata di sekolah.

Tahapan yang paling menantang bagi siswa dalam kegiatan projek ini yaitu saat mereka berkunjung ke kedua tempat yaitu ke Kantor Bawaslu dan Kantor KPU. Siswa belajar secara langsung terkait tugas Bawaslu dan KPU. Insya Allah siswa siwa yang diberi amanah telah dilantik menjadi anggota KPU dan Bawaslu akan bekerja sesuai tugasnya. 

Kegiatan berikutnya juga akan diadakan pembentukan partai, pendaftaran calon ketua dan wakil, debat kandidat, masa kampanye, pemilihan, perhitungan suara dan puncaknya pada masa pelantikan. Kapan terlaksana? Tunggu tanggal mainnya