Kegiatan

on 25 Juni 2022
  • Kegiatan
  • SMP Bukit Baruga


Dua hari menjelang penerimaan laporan hasil belajar, di SMP Islam Athirah Baruga telah diadakan penilaian display dan 5R seluruh ruangan kelas dan ruang kerja oleh Pimpinan dan Manajemen Sekolah Islam Athirah. Ada empat belas kelas dan sebelas ruang kerja yang dinilai. Mulai dari kelas VII.1 hingga kelas IX. 5 dan ruang kerja wakasek hingga ruang dapur sekolah. Sebelum pelaksanaan lomba tersebut, hal ini sudah dipaparkan dan diagendakan pada akhir semester. Beberapa persiapan pun dilakukan. Lomba Display Kelas dan 5 R ini sebagai wujud penerapan 5R sehingga siswa yang belajar di dalam kelas tetap nyaman dan merasa bahwa kelas adalah rumah kedua bagi mereka.

Selain 5R, display dalam kelas juga menjadi bagian dari penilaian. Kriteria penilaian dalam lomba ini yaitu kelengkapan display, kerapian dan kebersihan, tata letak, fungsi dan penataan ruangan, kreativitas kelas serta kelengkapan sarpras. Dari kriteria penilaian terpilih tiga juara, kategori kelas yakni juara 1 diraih oleh kelas VIII.2, juara 2 kelas IX.5, dan juara 3 kelas VII.4 sedangkan kategori ruang kerja,  ruangan WAKASEK SARPRAS dan IT sebagai juara 1, juara 2 ruangan tata usaha dan ruangan BK juara 3. Seluruh ruangan secara kriteria terpenuhi namun beberapa hal yang masih perlu disempurnakan. Bukan berarti kelas yang belum juara tidak menunjukkan kemampuan display dan 5R nya tetapi karena sebagai apresiasi diberikan peringkat.

Guru karyawan dan siswa menyambut baik pelaksanaan lomba ini. Biasanya di akhir tahun pelajaran diisi dengan pekan olahraga dan seni, akan tetapi tahun ini diganti dengan beberapa kegiatan. Salah satunya lomba display kelas. Antusiasme dari peserta lomba pun ditunjukkan saat berlangsung penilaian, bukan sekedar dinilai namun juri pun mewawancarai ananda yang ditemui di dalam kelas. Suatu kepuasan tersendiri kepada para guru karyawan dan siswa telah melaksanakan kegiatan ini. Insya Allah di tahun pelajaran baru , ruangan pun sudah siap untuk ditempati berekspresi dan berinovasi. Seluruh stakeholder sekolah tentu sangat mengharapkan tanpa ada penilaian pun kondisi ruangan tetap terpenuhi 5R nya.