Berita

on 21 Juni 2022
  • Berita
  • SD Bukit Baruga

SD Islam Athirah 2 Makassar menggelar Rapat Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2021/2022. Rapat ini dihadiri oleh seluruh pimpinan, guru, dan karyawan. Rapat tersebut digelar mulai pukul 08.00-11.45 WITA bertempat di Ruang Guru pada Selasa (21/6/2022).

Rapat diawali dengan pembukaan oleh Wakasek Kesiswaan dan IT Mursalim Sahabu, S.Pd. sebagai MC, lalu dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Ustadz Muhammadong, S.Ag. Setelah itu, Ustadz Mahyuddin, S.Th.I., M.Th.I memberikan pencerahan tentang pentingnya musyawarah.

Musyawarah dijelaskan dalam Al-Qur'an. Ada lima ayat dalam Al-Qur'an yang menjelaskan tentang musyawarah. Setelah musyawarah yang paling penting adalah tawakkal dan kesungguhan untuk melaksanakannya,” jelas Ustadz Mahyu.

Selepas itu, Kepala SD Islam Athirah 2 Makassar H. Muhammad Azis, S.Pd., M.Pd. memberikan Open Mind. Kepala Sekolah mengatakan telah berdiskusi dengan beberapa pihak sebelum menggelar rapat ini. Dia juga menyampaikan tentang teknis penerimaan rapor, rencana pra raker, dan training sekolah penggerak.

Selanjutnya, Wakasek Kurikulum dan SDM Taswil Mardi, S.Pd. mengutarakan, rapat kenaikan kelas merupakan agenda tahunan setiap lembaga pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban capain peserta didik selama satu tahun pelajaran.

Kegiatan ini merupakan titik akhir pembelajaran untuk tahun pelajaran 2021/2022. Kenaikan kelas peserta didik ditetapkan melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang telah disepakati bersama. Persyaratan kenaikan kelas tetap mengacu sesuai Permendikbud Ristek No. 23 Tahun 2016,” papar Pak Taswil.

Selama rapat berlangsung, para wali kelas secara bergiliran mulai dari tingkat kelas I-V menyampaikan kondisi kelas, capaian akademik dan tahsin, sifat, dan karakter anak walinya masing-masing. Guru bidang studi juga memberikan saran dan masukan untuk perbaikan pada tahun pelajaran mendatang yang langsung ditanggapi oleh pimpinan.


Citizen Reporter: Muhammad Ryan Israfan