Kegiatan

on 10 Januari 2022
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bone





Setelah menikmati libur selama kurang lebih dua pekan, pengurus OSIS SMA Islam Athirah Bone menggelar Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) selama empat hari. Gelaran tersebut dibuka pada hari Sabtu, 7 Januari 2022 lalu. Pembukaan Porseni diawali dengan pawai di sekitar sekolah dan puncak pembukaan dilaksanakan di lapangan basket Sekolah Islam Athirah Bone. 


Ketua Panitia Porseni  SMA Islam Athirah Bone, Faiqah Dwi Pratiwi, menyatakan bahwa tema yang diusung panitia pada Porseni kali ini diambil dari bahasa Bugis, "Sumange' Tealara", yang jika diterjemahkan berarti semangat yang tidak putus. Lebih jauh, "Sumange' Tealara" dimaknai sebagai sebuah semangat kebersamaan yang harus diusung dalam menghadapi berbagai tantangan. Spirit tersebut diharapakan menjadi landasan para siswa dalam mengikuti Porseni kali ini, bahkan semangat tersebut harus terbawa dalam menjalani kehidupan di Sekolah Islam Athirah Bone. Tema budaya juga sengaja dipilih agar para siswa mengenal kebudayaan yang dimiliki, terutama kebudayaan khas Sulawesi Selatan. 


Pada Porseni yang digelar sejak tanggal 7 Januari hingga 11Januari 2022 tersebut mempertandingkan 12 cabang di bidang olahraga dan 9 cabang di bidang seni. Merujuk pada tema kegiatan yang mengangkat nilai-nilai budaya, maka cabang lomba seni yang dilombakan pun berkaitan dengan hal tersebut. Seperti lomba menyanyi lagu daerah, dan menulis pepatah Bugis dalam huruf Lontara, yang merupakan aksara bahasa Bugis. 


Namun ada yang berbeda dari  Porseni SMA Islam Athirah Bone jika dibandingkan dengan  Porseni yang dihelat oleh sekolah lain.  Siswa yang akan bertanding pada event tahunan ini harus memenuhi persyaratan utama yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah, yakni menuntaskan sangkutan akademik pada semester ganjil. Hal ini diamini oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Islam Athirah Bone, Andi Reski Citra Rahmayani, S.P.d. "Betul, aturan ini sudah berlaku sejak beberapa tahun belakangan. Tujuannya adalah agar siswa termotivasi untuk mencapai hasil yang optimal dalam penilaian hasil belajar.Siswa berambisi dalam memenangka juara umum pada Porseni. Dengan syarat semua mata pelajaran harus tuntas untuk ikut Proseni, mereka pun semangat dalam menyelesaikan semua tugas ataupun tagihan dari guru mata pelajaran. Alhamdulillah, strategi inipun cukup efektif dalam mendorong siswa untuk berjuang menyelesaikan sangkutan akademik yang dimiliki".


Berbagai keunikan dan keseruan dalam kegiatan kali ini semoga menjadi semangat awal bagi SMA Islam Athirah Bone dalam menyongsong semester genap yang akan dimulai pada tanggal 13 Januari 2022 mendatang. Info keseruan kegiatan ini dapat diakses melalui akun Instagram OSIS SMA Islam Athirah Bone di @osissmaathirah. Atau informasivresmi terkait pendaftaran siswa baru dan program sekolah lainnya dapat diakses di akun resmi Facebook Sekolah Islam Athirah Bone, @Athirah Bone. (Eva Rukmana-SMA  Islam Athirah Bone)